Strategi Kedisiplinan Siswa di Kelas

Jika anda seorang guru baru, maka menjaga kedisiplinan siswa di kelas dapat menjadi salah satu dari banyak tantangan yang anda mungkin hadapi. Merumuskan strategi disiplin di dalam kelas tertentu dapat membantu.

Disiplin adalah salah satu hal penting dalam kehidupan manusia. Benih kedisiplinan dimulai pada anak usia dini itu sendiri. Sekolah memainkan peran penting dalam menanamkan pentingnya disiplin pada anak-anak. Jika anda seorang guru yang baru saja bergabung dengan sekolah, maka anda harus melengkapi diri anda dengan strategi disiplin kelas yang solid, yang akan memungkinkan anda untuk dapat mengelola kelas. Manajemen disiplin di kelas merupakan salah satu aspek pengajaran yang harus anda kuasai sedini mungkin.

Strategi kedisiplinan di kelas

  • Salah satu strategi dalam mengelola kelas yang paling penting dan harus diingat adalah membuat kesan pada siswa di awal mula. Anak-anak dengan seksama menilai setiap langkah anda selama beberapa menit pertama. Tidak berarti bahwa anda harus bersikap keras pada anak-anak. Jadilah ramah namun ketat.
  • Seringkali konflik muncul karena siswa tidak mampu menguraikan instruksi guru. Petunjuk yang tidak jelas dan kurang spesifik dapat menyebabkan ketidakdisiplinan. Anak-anak muda khususnya, merasa sangat sulit untuk mengikuti instruksi yang diberikan dalam bahasa yang kompleks. Memberikan instruksi yang jelas dan tepat merupakan salah satu teknik manajemen disiplin kelas yang paling efektif.

  • Membangun rencana disiplin kelas dan berpegang teguh terhadap peraturan sangat penting untuk memastikan kenyamanan belajar di kelas. Jadilah spesifik tentang jenis perilaku yang anda harapkan dari anak-anak. Jelaskan kepada mereka, bahwa anda tidak akan mentolerir setiap perilaku buruk di dalam kelas. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk tetap konsisten dengan strategi manajemen disiplin di kelas sehari-hari.
  • Anak-anak yang suka mengganggu di kelas menghentikan proses pengajaran. Anak-anak ini mungkin tidak tertarik pada pelajaran dan entah bagaimana ingin mengalihkan perhatian dari kelas. Ajukan pertanyaan ke salah satu dari mereka untuk mempertahankan kontinuitas belajar.
  • Humor dapat meredakan ketegangan antara guru dan siswa. Namun, jangan mempermalukan atau menghina siswa anda dengan lelucon yang keterlaluan.
  • Sebagai guru mungkin saja memiliki murid kesayangan. Namun, jangan mengungkapkan perasaan anda saat berada di dalam kelas. Perlakukan semua siswa dengan dengan keadilan dan kesetaraan maksimal. Anak-anak cukup pintar untuk mengenali apakah anda benar-benar menyukai mereka atau tidak.
  • Hanya karena beberapa anak bertingkah di kelas pada hari sebelumnya, belum berarti mereka akan mengganggu di kelas pada hari berikutnya juga. Janganlah memiliki praduga tentang perilaku siswa di kelas dan mulailah setiap hari anda dengan harapan bahwa siswa akan berperilaku sopan.

Setelah anda merencanakan strategi kedisiplinan siswa kelas dan menerapkannya dengan benar selama beberapa minggu pertama, anda akan dapat meminimalkan masalah-masalah di hari mendatang dengan adanya disiplin kelas.

 
  Incoming Keywords: strategi kedisiplinan, cara menerapkan disiplin kelas, membangun & menerapkan disiplin bagi siswa

,

Comments are closed.