Penyakit Liver dan Jenisnya

Penyakit liver pada umumnya terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah hepatitis A, hepatitis B, demam kuning dan fatty liver. Liver atau hati adalah organ terbesar dalam tubuh. Hal ini juga salah satu organ paling penting karena melakukan banyak fungsi penting seperti mengubah makanan menjadi energi dan juga menghapus segala bentuk racun dan alkohol dari darah. Hati juga memproduksi empedu yang membantu untuk mencerna makanan.

Hati dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan sejumlah besar penyakit khususnya bila terinfeksi oleh virus seperti hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C. Beberapa penyebab penyakit juga mungkin akibat dari obat, racun atau penggunaan alkohol yang berlebihan.

Penyakit Liver

Hepatitis A
Ini adalah penyakit liver akut yang menular dan disebabkan oleh virus hepatitis A. Penyebab utama dari hepatitis A adalah dari makanan. Rata-rata masa inkubasi penyakit ini adalah 28 hari dan infeksi yang terjadi tidak menyebabkan kerusakan hati permanen. Gejala infeksi termasuk demam, mual, depresi dan penyakit kuning. Setelah seseorang terinfeksi, sistem kekebalan tubuh membuat antibodi terhadap virus. Untuk mencegah penyakit ini tersedia vaksin yang telah terbukti sangat efektif dalam menghindari menyebarnya infeksi ini di seluruh dunia.

Hepatitis B
Virus ini menginfeksi hati dan menyebabkan peradangan yang dikenal sebagai hepatitis. Infeksi ini ditularkan oleh kontak dengan darah yang terinfeksi atau cairan tubuh yang mengandung darah. Gejala-gejala infeksi termasuk muntah, radang hati, penyakit kuning dan dalam beberapa kasus, kematian. Hepatitis B kronis juga dapat menyebabkan sirosis hati dan kanker hati. Namun, infeksi hepatitis B dapat dicegah melalui vaksinasi. Mendiagnosis infeksi dilakukan pengujian pada antibodi. Pengujian ini dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus.

Demam Kuning
Infeksi ini juga dikenal sebagai infeksi virus akut. Meskipun vaksinnya juga tersedia, demam kuning telah menjadi sumber epidemi yang besar. Infeksi ini disebabkan oleh virus dari keluarga Flaviviridae dan virus RNA. Virus ini biasanya ditransfer ke manusia oleh nyamuk. Setelah masa inkubasi tiga sampai enam hari, maka infeksi akan terjadi dalam dua tahap. Masa akut pertama ditandai dengan demam, nyeri otot, menggigil, muntah dan denyut nadi lambat. Tahap yang kedua adalah fase di mana racun mulai menyebar.

>>  Gejala Penyakit Liver

Demam kuning juga sangat sulit untuk didiagnosa karena gejalanya hampir mirip dengan malaria dan penyakit kuning. Tes laboratorium diperlukan untuk mengkonfirmasi diagnosis. Tidak ada obat untuk demam kuning dan oleh karena itu vaksinasi sangat penting. Namun kabar buruknya, vaksin memberikan kekebalan hanya untuk jangka waktu sepuluh tahun. Jadi jika anda mengunjungi atau tinggal di tempat di mana ada kemungkinan bahwa anda mungkin dapat terinfeksi, pastikan bahwa anda mendapatkan vaksinasi secara teratur.

Fatty Liver
Penyakit liver ini juga dikenal dengan hepatosis steatorrhoeic. Ini adalah kondisi di mana lemak trigliserida menumpuk dalam sel-sel hati melalui proses steatosis. Meskipun ada banyak penyebab penyakit dari ini, penyebab paling umum dari penyakit liver ini di seluruh dunia adalah asupan alkohol yang berlebihan dan obesitas. Pengobatan penyakit ini akan tergantung pada apa yang menyebabkan penyakit liver.

Comments are closed.