Sakit Ginjal Kanan Gejala dan Penyebab

Sakit ginjal kanan atau sakit ginjal kiri sering disertai dengan berbagai gejala lain yang bisa sangat membingungkan. Orang mungkin berpikir bahwa otot yang tertarik menyebabkan nyeri pinggul. Artikel sakit ginjal ini akan membahas tentang penyebab sakit ginjal dan gejala yang disertai rasa sakit.

Seringkali, rasa sakit pada tepi bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang adalah dikarenakan sakit punggung yang biasa terjadi. Tapi rasa sakit yang biasanya terasa di daerah pinggul, dimana bagian tersebut adalah lokasi ginjal, tidak boleh dianggap sebagai sakit punggung biasa. Sakit hanya di sisi kanan atau sisi kiri belakang terdapat kemungkinan bahwa salah satu ginjal terinfeksi atau tidak berfungsi karena terjadi proses pembentukan batu ginjal.

Penyebab sakit ginjal kanan

Penyumbatan urin
Batu ginjal adalah penyebab umum dari sakit ginjal. Ketika batu menghalangi ureter, maka juga menghambat aliran urin sehingga urin akan menumpuk dalam ginjal. Pembengkakan ginjal menyebabkan rasa sakit yang tajam dan parah di sisi kanan. Batu ginjal dapat memblokir urin dengan tiba-tiba. Penyumbatan bertahap pada urin ini dimungkinkan karena beberapa penyebab dan juga dapat menyebabkan sakit ginjal yang parah.

Infeksi ginjal
Infeksi ginjal atau pielonefritis juga sering terjadi pada semua kelompok umur. Infeksi pada ginjal kanan dapat menyebabkan peradangan ginjal.

Perdarahan
Cedera parah dapat menyebabkan perdarahan di dalam ginjal kanan, yang menyebabkan rasa sakit yang tajam.

Infark
Gangguan pada suplai darah ke ginjal kanan karena arteri yang tersumbat dapat menyebabkan kematian sel dan dapat menyebabkan sakit parah pada ginjal.

Kanker ginjal
Sebuah tumor yang tumbuh di ginjal kanan dapat meregangkan kapsul ginjal (lapisan tipis sekitar ginjal) perlahan. Tumor dapat memampatkan saraf di daerah ginjal dan menyebabkan rasa sakit.

>>  Solusi Alami dalam Membersihkan Ginjal

Penyakit ginjal polikistik
Ini adalah penyakit keturunan dan dapat menyebabkan pembesaran ginjal.

Kejang pada kandung kemih
Kandung kemih penuh dapat menyebabkan kontraksi otot tak sadar dan dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah atau di daerah panggul.

Gejala sakit ginjal kanan

  1. Gejala batu ginjal termasuk darah dalam urin, demam dan menggigil, nyeri, mual dan muntah, urin yang sangat bau, rasa terbakar saat kencing, sakit punggung yang parah. Hal ini dapat separah seperti yang dialami saat melahirkan. Orang mungkin merasa sulit untuk menahan lagi. Batu ginjal yang berjalan menuju ureter dapat menyebabkan rasa sakit di perut bagian bawah dan pangkal paha.
  2. Sedikit sentuhan yang sangat ringan di daerah pinggang dapat memberikan rasa sakit yang tajam. Gejala lain seperti bau urin menyengat, peningkatan frekuensi dan urgensi untuk buang air kecil, demam, mual, dan muntah. Ini adalah gejala infeksi pada ginjal. Biasanya, antibiotik akan diberikan oleh dokter secara intravena untuk mencegah penyebaran infeksi.
  3. Rasa sakit yang tajam namun sembuh dengan sendirinya setelah kandung kemih dikosongkan karena sekresi urin adalah salah satu fungsi utama dari ginjal.
  4. Kapsul ginjal yang membesar perlahan karena tumor, gejala sakit ginjal yang terlihat seperti penurunan berat badan, kelelahan, darah dalam urin, dan demam. Nyeri punggung di bawah tulang rusuk yang tidak hilang adalah gejala terkena kanker ginjal. Penyakit ginjal Polikistik dapat menyebabkan sakit dan nyeri punggung menahun.

Kebanyakan masalah ginjal menyebabkan rasa sakit yang tajam dan parah di daerah ginjal. Masalah ginjal yang berkembang secara perlahan dapat menghasilkan nyeri yang tak kunjung henti. Ginjal memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah dan menjaga elektrolit. Disfungsi ginjal dapat mengancam nyawa. Jadi jika anda sering sekali merasakan nyeri pada pinggul, rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, pembengkakan di tubuh (pergelangan kaki, kaki, perut, punggung bawah, tangan, dan wajah), peningkatan buang air kecil (terutama pada malam hari), anda harus berkonsultasi dengan dokter segera.

 
  Incoming Keywords: apakah penyakit nyeri di bawah tulang rusuk kanan dapat menimbulkan kematian, ciri2 penykakit ginjal kanan, penyebab ginjal bengkak sebelah kanan, penyebab sakit pangkal paha kanan, sakit pangkal paha kanan, sakit tulang rusuk kanan belakang, tanda tanda sakit ginjal kanan

, , , ,

Comments are closed.