Gejala Pneumonia Berdasarkan Jenis Penyebab

Gejala pneumonia dapat ditandai dengan adanya gejala flu. Patogen penyebab pneumonia ini bisa dikarenakan bakteri, virus, parasit atau jamur. Demam, batuk dan sesak nafas adalah beberapa gejala pneumonia umum dari kondisi ini. Di bawah ini adalah artikel kesehatan tentang tanda-tanda pneumonia.

jenis pneumonia

Pneumonia adalah infeksi patologis pada salah satu atau kedua paru-paru. Hal ini ditandai dengan radang paru-paru. Pneumonia biasanya dimulai setelah infeksi pada saluran pernapasan bagian atas. Setelah infeksi ini, gejala pneumonia muncul setelah 2-3 hari yang mengakibatkan sakit tenggorokan. Orang tua dengan usia di atas 60 tahun atau anak di bawah usia 2 tahun, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah berada pada risiko yang lebih tinggi terkena pneumonia.

Jenis dan penyebab pneumonia

Pneumonia disebabkan oleh infeksi dari mikroorganisme seperti bakteri, jamur dan virus. Infeksi bakteri adalah yang paling sering dan paling serius. Streptococcus pneumoniae adalah spesies bakteri yang sering menyebabkan infeksi ini pada orang dewasa. Mycoplasma pneumoniae adalah mikroorganisme umum yang menyebabkan infeksi ini pada anak-anak dari usia 2-3 tahun.

Infeksi ini tidak menular tetapi bakteri dan virus yang menyebabkannya bisa menular.  Penularan infeksi dapat terjadi karena kontak langsung dengan penderita.

Pada kebanyakan kasus, orang mengalami gejala pilek sebelum benar-benar terjangkit pneumonia. Hal ini diikuti dengan demam tinggi, batuk dan menggigil. Tingkat gejala bervariasi sesuai dengan penyebab dan usia penderita. Nyeri dada adalah gejala yang sangat umum.

Bakteri pneumonia
Bakteri ini menyebabkan gejala pneumonia seperti demam tinggi, menggigil, nyeri dada, berkeringat, batuk berdahak berwarna kuning atau kehijauan, dan sesak nafas.

Radang paru-paru
Tipe ini ditandai dengan tanda-tanda yang mirip dengan gejala flu. Hal ini biasanya dimulai dengan batuk kering, demam, kelelahan, sakit kepala dan nyeri otot. Ketika penyakit berkembang, menyebabkan sesak napas dan batuk dengan dahak bening atau putih.

>>  Gejala dan Pengobatan Pneumonia Berjalan

Jamur pneumonia
Tipe ini tidak umum. Beberapa orang dapat mengembangkan pneumonia akut setelah menghirup jamur, sementara beberapa orang mungkin mengembangkan penyakit pneumonia kronis.

Mycoplasma
Mycoplasma adalah genus bakteri yang menyebabkan banyak antibiotik tidak efektif terhadap mereka karena kebanyakan antibiotik biasanya mengganggu sintesis dinding sel untuk membunuh organisme. Gejala mycoplasma mirip dengan yang disebabkan oleh bakteri dan virus. Gejala ini mungkin mirip flu ringan. Anda mungkin tidak memerlukan perawatan medis untuk jenis ini. Itulah mengapa dikenal sebagai pneumonia berjalan.

Pneumocystis carinii
Ini adalah organisme yang menyebabkan infeksi pada orang dengan AIDS. Hal ini dapat menyebabkan pneumonia. Tanda-tanda tersebut adalah batuk terus-menerus, demam dan sesak napas.

Diagnosis akan didasarkan pada pemeriksaan fisik, tes seperti X-ray, bronkoskopi, dan pemeriksaan laboratorium tertentu seperti pemeriksaan dahak dan tes darah seperti jumlah sel darah putih. Pilihan pengobatan pneumonia tergantung pada penyebabnya dan dapat diobati dengan obat antibiotik, obat antivirus, dan antijamur, dsb. Beberapa obat-obatan lain juga dianjurkan untuk mengobati nyeri, mengurangi demam, meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

 
  Incoming Keywords: nyeri otot pneumonia

,

Comments are closed.