Gejala Pilek Mengobati Pilek

Pilek adalah suatu kondisi yang mempengaruhi saluran pernapasan bagian atas, bisa juga disebut sebagai infeksi saluran pernapasan atas. Biasanya pilek mempengaruhi hidung dan tenggorokan seseorang. Pada orang yang terkena pilek dapat terjadi konsisi hidung tersumbat, sakit kepala, mata berair, bersin berkepanjangan dan lendir yang senantiasa mengalir dari hidung.

Terdapat jenis virus yang berbeda, yang dapat menyebabkan pilek dan masing-masing dari virus tersebut membawa gejala pilek yang berbeda juga. Anak-anak lebih rentan terkena pilek, dan bisa menderitanya sampai 6 kali dalam setahun. Hal ini adalah disebabkan karena kekebalan tubuh yang rendah. Pada orang dewasa dapat mengalami pilek 4 kali dalam setahun. Namun, hal ini bukanlah jumlah yang tetap, karena dapat bervariasi tergantung pada kondisi.

Gejala pilek

Ada tanda-tanda dan gejala tertentu yang dapat anda gunakan untuk mengenali apakah anda terkena pilek. Untuk mendiagnosa masalah pilek, anda tidak perlu ke dokter, karena sebenarnya anda sendiri pasti sudah tahu jika anda memang akan mengalami pilek. Berikut adalah beberapa gejala pilek:

  • Hidung tersumbat
  • Sakit tenggorokan atau iritasi tenggorokan
  • Batuk
  • Sesak nafas
  • Bersin-bersin

Akan selalu ada cairan yang keluar dari hidung, tetapi tingkat keparahan pilek juga bisa meningkat, sehingga warna cairan akan berubah. Sebagian besar virus menyebar ketika terjadi kontak dekat dengan orang yang terkena pilek. Pada saat seseorang bersin, maka virus akan berjalan melalui udara. Tetapi pada kesempatan yang lain juga menyebar melalui kontak tangan, menyentuh dan berbagi peralatan dengan orang yang terkena pilek.

Mengobati pilek

Menggunakan obat penghilang rasa sakit
Beberapa orang yang terkena pilek kadang juga menderita sakit kepala dan nyeri tubuh. Solusi terbaik untuk ini adalah menggunakan acetaminophen.

Menggunakan tetes hidung tersumbat
Ada berbagai macam obat tetes hidung tersumbat untuk mengurangi sesak pada saluran nafas. Akan tetapi jangan menggunakan tetes hidung untuk lebih dari beberapa hari karena ini dapat menyebabkan peradangan kronis dari selaput lendir. Jika anda ingin menggunakan tetes hidung, lebih baik untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter.

Obat batuk
Jika pilek disertai dengan batuk, maka penggunaan sirup obat batuk akan dapat berguna.

Jika anda telah mengetahui adanya tanda-tanda dan gejala pilek ini, berikanlah perawatan dengan segera. Apabila sakit pilek tak kunjung sembuh dalam jangka waktu lama, hubungilah dokter untuk berkonsultasi. Dan jika anda sedang terkena pilek, cobalah untuk menjaga jarak dan tak lupa menjaga kebersihan.

,

Comments are closed.