Gejala Flu pada Orang Dewasa

Hampir setiap orang di dunia pernah menderita flu setidaknya sekali dalam satu atau dua tahun. Artikel ini akan membantu untuk memahami dan mengidentifikasi berbagai gejala flu pada orang dewasa.

Flu adalah bahwa salah satu penyakit yang dapat menyerang siapa saja, dari bayi hingga orang dewasa. Flu merupakan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan yang sangat serius. Flu disebabkan oleh serangan virus influenza A atau B, keduanya menyerang saluran pernafasan pada tubuh manusia dan membuat orang tersebut menjadi jatuh sakit. Hal terburuk tentang flu adalah bahwa ini termasuk penyakit menular. Ini berarti jika anda menghirup udara dimana orang yang terkena pernah bersin atau batuk, anda juga akan terinfeksi. Virus flu dapat memasuki tubuh hanya dengan menyentuh sekresi pernafasan seseorang, tetesan dari bersin mereka misalnya.

Gejala flu yang dapat dialami oleh orang dewasa

Oleh karena virus flu sangat menular, maka mengenali gejala flu pada awalnya adalah sangat penting bagi seseorang, untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Bahkan, para ahli percaya bahwa jika flu ditangani dengan segera, maka durasinya jadi semakin pendek. Tingkat keparahan gejala flu juga bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing dan jenis flu yang telah menginfeksi. Disebutkan di bawah ini gejala fluadalah beberapa gejala flu yang paling sering diamati:

Demam tinggi
Gejala serangan flu adalah demam tinggi yang muncul dengan tiba-tiba. Demam disertai dengan menggigil membuat tubuh merasa lebih rentan. Oleh karena itu, jika suhu tubuh tinggi dan anda juga mengalami demam menggigil, ada kemungkinan hal tersebut adalah gejala flu.

Nyeri otot
Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang lelah atau terlalu banyak melakukan kegiatan fisik. Namun, jika anda mengalami nyeri otot tanpa alasan apapun dan juga terjadi dengan tiba-tiba, maka ada kemungkinan bahwa virus influenza telah memasuki saluran pernafasan anda. Biasanya tubuh terasa linu dan mengalami nyeri otot ketika terserang flu.

Kelelahan
Seseorang yang menderita serangan virus jelas akan merasa sakit dan lelah sepanjang waktu. Jika anda mengalami kelelahan dengan tiba-tiba tanpa alasan apapun, maka kemungkinan hal ini adalah gejala flu.

Batuk non produktif
Sebagian besar orang mengartikan gejala flu sama dengan pilek. Namun, sebenarnya bahwa keduanya sangat berbeda satu sama lain. Salah satu perbedaan utama adalah pola batuk. Ini berarti, jika anda mempunyai batuk yang tidak produktif, artinya ada batuk kering dan polos tidak ada lendir, disertai dengan gejala lain, maka ada kemungkinan besar bahwa anda menderita flu. Di sisi lain, ketika pilek, batuk biasanya produktif, yang berarti memiliki lendir.

Bersin
Flu menular dan dapat menyebar melalui bersin. Oleh karena itu, cairan pernafasan dan cairan dari hidung dapat menginfeksi lingkungan yang dapat membuat orang lain rentan terhadap penyakit ini. Itulah sebabnya menjadi sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan.

Mata kemerahan dan panas
Nah, karena sistem kekebalan tubuh juga telah terpengaruh, kebanyakan orang yang mengalami gejala flu akan mengelami demam, sakit kepala dan mata yang kemerahan. Hal ini karena suhu tubuh meningkat dan menyebabkan rasa panas dan kemerahan di mata.

>>  Perbedaan Pilek dan Flu

Sakit tenggorokan
Virus influenza pertama kali mempengaruhi saluran pernafasan. Oleh karena itu, salah satu gejala flu yang paling sering dilihat adalah sakit tenggorokan. Jika tenggorokan terasa kering dan sakit, maka ini dapat disebabkan oleh serangan virus influenza.

Pengobatan flu

Sebelum kita masuk dan membahas tentang  pengobatan flu, penting bagi anda untuk memahami bahwa pengobatan juga tergantung pada riwayat kesehatan, kondisi kesehatan dan jenis flu yang telah mempengaruhi orang tersebut. Oleh karena itu, jika anda dapat mengidentifikasi gejala tersebut, maka anda harus segera mendapatkan perawatan kesehatan. Tergantung pada gejala, dokter mungkin akan meresepkan obat antivirus tertentu dan obat-obatan seperti relenza. Namun, obat ini juga menyebabkan beberapa efek samping yang mengganggu, jadi selalulah mengkonsumsinya hanya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, ada solusi alami mengobati flu yang dapat membantu seseorang mengatasi kondisi tersebut. Dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan, karena flu juga dapat menyebabkan dehidrasi. Minum sup kaldu, banyak air putih dan makan buah segar seperti jeruk pasti akan membantu dalam mengurangi keparahan gejala ini. Penderita flu juga harus mendapatkan jumlah istirahat yang cukup untuk menghindari stres mental atau fisik.

Semakin cepat anda mengidentifikasi gejala dan memulai pengobatan, hal itu semakin baik. Hal ini juga dianjurkan untuk menahan diri dari pertemuan sosial ketika menderita flu dan terus mencuci tangan anda untuk mencegah infeksi menyebar melalui kontak fisik. Selalu gunakan sapu tangan atau kertas tisu untuk menutup mulut anda saat batuk atau bersin sehingga sekresi pernafasan tidak terlalu menyebar. Langkah-langkah sederhana dan pengobatan tepat waktu dapat membantu seseorang berhasil mengatasi flu dan juga meminimalkan penyebarannya.

 
  Incoming Keywords: badan linu pilek dan demam, flu batuk, flu lama panas pd kepala, flu linu, gejala flu, panas tinggi badan menggigil batuk pilek, pilek disertai linu

, , ,

Comments are closed.