Mengenali Gejala Flu pada Anak

Mengenali gejala flu pada anak mungkin dibutuhkan oleh orang tua untuk pengobatan awal infeksi. Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya komplikasi yang lebih jauh. Beberapa gejala flu pada anak yang paling yang paling sering ditemui akan dibahas dalam artikel di bawah ini.

Pada umumnya influenza dikenal sebagai flu. Flu merupakan bentuk infeksi akut virus yang mempengaruhi saluran pernapasan. Infeksi yang terjadi adalah pada bagian saluran pernapasan atas, meliputi hidung dan tenggorokan. Kemudian menjadi menyebar hingga ke paru-paru. Anak-anak rentan sekali terhadap serangan virus ini terutama di masa pancaroba. Virus influenza sangat menular dan dapat menyebar dengan cepat dari satu anak yang terinfeksi ke anak lain ketika mereka menghabiskan waktu bersama di sekolah. Virus ini dapat ditularkan ketika sekresi cairan dilepaskan ke udara saat batuk atau bersin yang terhirup oleh anak-anak yang tidak terinfeksi. Selain itu virus ini juga dapat menular melalui berbagi perangkat seperti mainan yang terkontaminasi oleh virus flu.

Gejala flu pada anak

Gejala flu pada anak mempunyai banyak kesamaan dengan gejala flu pada umumnya. Berikut adalah tanda-tanda dan gejala flu pada anak-anak:

  1. Demam yang tinggi merupakan salah satu gejala flu yang dapat diamati pada anak-anak kecil. Kenaikan suhu tubuh sebenarnya merupakan indikasi bahwa tubuh sedang berusaha untuk melawan virus yang menginfeksi. Suhu tubuh dapat bervariasi dan cenderung naik turun dari waktu ke waktu. Ketika panasnya tinggi, anak anda mungkin wajahnya akan memerah, dan ketika turun dia akan menggigil. Jika anda mempunyai bayi dengan usia kurang dari 6 bulan, maka harus bergegas ke dokter jika suhu tubuh terlalu panas.
  2. Segera setelah demamnya merasuk, anak-anak mulai mengeluhkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh. Otot-otot kaki, lengan, dan paha sering terasa linu. Bila demam tinggi, mereka akan merasakan sakit di sekujur tubuh.

  3. Seringkali demam diikuti dengan sakit tenggorokan. Daerah tenggorokan menjadi merah yang dapat anda lihat jika membuka mulut anak anda. Gatal-gatal juga terasa di dalam tenggorokan dan kondisi ini adalah yang paling mengganggu bagi anak-anak. Suara mereka menjadi serak dan merasa sakit di tenggorokan ketika mereka mencoba untuk berbicara dan menelan makanan.
  4. Rasa gatal pada tenggorokan sering memicu timbulnya batuk. Perbedaan antara batuk yang disebabkan oleh virus pilek dan virus flu adalah pada produksi lendir. Batuk yang disebabkan karena virus flu tidak menghasilkan lendir. Bahkan jika terdapat lendir maka jumlahnya sangat kecil.
  5. Anak-anak kecil sering mengalami gejala gastrointestinal seperti mual, muntah, diare dan sakit perut bersamaan dengan flu. Gejala flu ini ditemukan hanya pada anak-anak saja, berbeda dengan orang dewasa. Kondisi ini menyebabkan kurangnya nafsu makan dan anak-anak seringkali menolak untuk makan. Ada kemungkinan juga mengalami dehidrasi karena kehilangan cairan yang berlebihan.

Perawatan pertama gejala flu

Anak-anak membutuhkan banyak istirahat dan jumlah cairan yang cukup untuk bisa sembuh. Minum cairan hangat seperti teh herbal dan sup kaldu memiliki dampak positif untuk tenggorokan mereka yang sakit. Anak-anak juga dapat berkumur dengan air asin hangat. Anda dapat memberi mereka madu untuk menghilangkan batuk ringan. Namun, jangan memberikan madu kepada bayi yang masih kecil. Sakit kepala dan sakit pada otot dapat diatasi sampai batas tertentu dengan cara mengompres dengan air dingin.

Bila anak mengalami demam yang tinggi dan juga gejala lain seperti kesulitan bernapas, mereka harus dibawa ke dokter. Antibiotik akan digunakan ketika anak-anak mengalami infeksi bakteri atau bronkitis. Jika anak menunjukkan tanda-tanda dehidrasi, berikanlah cairang pengganti seperti oralit.

Gejala flu pada anak cenderung mereda dalam waktu 3 sampai 5 hari bila anak diberikan perawatan yang tepat selama sakit. Namun, hal seperti batuk masih dapat mengganggu mereka untuk beberapa waktu. Pada umumnya mereka akan benar-benar pulih dalam kurun waktu satu sampai dua minggu.

,

Comments are closed.