Sakit Kepala Setelah Makan

Sakit kepala setelah makan bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Pada saat ini, konsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan sakit kepala setelah makan. Jika anda sering menderita sakit kepala setelah makan makanan tertentu, akan lebih baik untuk memeriksakan kadar gula darah dan tekanan darah.

Sakit kepala terus-menerus juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak teratur. Kurang tidur, ketegangan mata, stres, dan penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang adalah beberapa penyebab umum. Kadang-kadang, seseorang mungkin mengalami sakit kepala setelah makan makanan tertentu. Bisa jadi hal ini adalah karena reaksi alergi terhadap makanan tertentu. Jika anda mengalami sakit kepala berulang setelah mengkonsumsi makanan asin atau permen, mungkin hal tersebut menjadi penyebab alergi.

Penyebab sakit kepala setelah makan

Seseorang dapat mengalami sakit kepala setelah makan karena dipicu oleh berbagai macam alasan. Jika seseorangpusing setelah makan mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan kondisi tubuhnya, mungkin orang tersebut dapat mengalami sakit kepala yang tajam, nyeri tumpul atau berdenyut-denyut di kepala. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dapat menjadi faktor yang mendorong rasa sakit atau berdenyut di kepala setelah makan.

Alergi
Reaksi alergi pada dasarnya adalah respon sistem kekebalan yang terjadi ketika seseorang mengkonsumsi zat yang dianggap oleh sistem kekebalan tubuh sebagai suatu ancaman. Sebagai akibat, imunoglobulin E (IgE) antibodi mengaktifkan sel mast. Sel-sel ini melepaskan histamin untuk mempertahankan tubuh. Pelepasan histamin menimbulkan gejala tertentu. Gejala alergi makanan termasuk gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, gatal, mengi, hidung meler, sakit perut, kram. Reaksi alergi terhadap makanan juga bisa memicu sakit kepala migrain.

Migrain
Sakit kepala migrain ditandai dengan rasa berdenyut di kepala. Konsumsi makanan tertentu dapat memicu serangan migrain. Makanan yang mungkin memicu migrain adalah coklat, pisang, daging sapi dan hati ayam, daging asap, kecap atau buah jeruk. Konsumsi makanan yang mengandung zat aditif juga bisa menjadi faktor penyebab. Gejala yang mungkin dialami selama serangan migrain termasuk mual, muntah, fotosensitivitas. Jika kepala anda sakit setiap kali mengkonsumsi jenis makanan tertentu, akan lebih baik untuk menahan diri dari mengkonsumsinya.

>>  Sakit pada Leher dan Sakit Kepala

Gula darah
Rasa sakit di kepala juga dapat disebabkan karena fluktuasi kadar gula darah. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan tertentu, kadar gula darah meningkat dengan cepat. Untuk membuat kadar gula darah menjadi normal maka tubuh akan memproduksi insulin.

Ketika otak tidak menerima jumlah glukosa yang cukup, tubuh meningkatkan jumlah aliran darah ke otak, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah. Pembuluh darah di otak mungkin juga berkontraksi dan berkembang sebagai akibat dari fluktuasi ini dan hal tersebut memicu rasa sakit di kepala.

Tensi
Apakah anda mengalami rasa sakit di kepala setelah mengkonsumsi makanan yang asin? Jika ya, maka saatnya anda harus memeriksa tekanan darah anda. Umumnya orang yang menderita tekanan darah tinggi disarankan untuk melakukan diet rendah garam. Jika asupan garam sangat tinggi, ginjal anda tidak mungkin bisa mengontrol tingkat garam dan mungkin memasuki aliran darah. Bila ada kelebihan garam dalam aliran darah, lebih banyak air ditarik ke dalam darah. Hal ini meningkatkan volume darah yang pada saatnya meningkatkan tekanan darah.

Jika anda memiliki glukosa darah dan tekanan darah normal, maka penyebab yang paling mungkin adalah karena alergi makanan. Cobalah untuk memeriksakan kesehatan jika anda mengalami sakit kepala setelah makan.

 
  Incoming Keywords: pusing setelah makan pisang, Ketika habis makan kepala terasa pusing, sakit kepala setelah makan nasi, pusing setelah makan daging sapi, habis makan kepala sering migrain pertanda apa?, sakit kepala setelah makan, pusing sehabis makan, sesudah makan sakit, nyeri kepala setelah makan, faktor penyebab pusing setelah makan

, , ,

Comments are closed.