Perbedaan Meditasi dan Berdoa

Kebanyakan orang mengira bahwa meditasi dan berdoa adalah sama, akan tetapi keduanya sama sekali berbeda. Anda ingin tahu? Ikut artikel di bawah ini untuk mengetahui perbedaan meditasi dan berdoa lebih lanjut.

Tujuan dasar dari meditasi adalah untuk memfokuskan pikiran ke arah dalam, memperhatikan diri batin dan pusat kesadaran sehingga pikiran akan lebih terbuka dan jelas. Selama meditasi, tujuan dari berkonsentrasi ini adalah untuk menghilangkan segala macam gangguan dari luar sehingga anda dapat mendengarkan suara batin anda.

Berdoa pada dasarnya adalah kebalikan dari meditasi. Selama berdoa, anda membersihkan pikiran dari semua gangguan dari luar agar dapat untuk memusatkan pikiran pada doa itu sendiri. Pada intinya, kita bermeditasi sehingga Tuhan dapat berbicara kepada kita, sedangkan berdoa agar kita dapat berbicara kepada Tuhan. Anda masih bingung? Ikuti terus ke bawah ini untuk mengetahui tentang perbedaaan meditasi dan berdoa.

Perbedaaan meditasi dan berdoa

Setiap agama yang dikenal oleh umat manusia memberikan pedoman kepada orang untuk memiliki rasa percaya dan keimanan untuk mendengarkan doa-doa mereka, dan yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini telah diatur oleh yang maha kuasa. Berdoa tanpa pamrih dianggap menjadi cara yang ideal dalam berdoa. Semakin kuat iman seseorang, semakin mudah untuk mengarahkan doa untuk orang lain daripada untuk diri batin. Misalnya, orang yang imannya belum tebal sepenuhnya dapat berdoa bahwa Tuhan akan membebaskan mereka dari penderitaan atau saat mengalami masalah. Tetapi orang yang sangat setia dan tidak meragukan kuasa Tuhan akan menganggap bahwa masalah mereka adalah nikmat dari Tuhan, untuk membuat mereka semakin kuat dalam keimanan dan dalam hidup mereka. Pertumbuhan rohani tergantung pada iman bahwa Tuhan mengurus segalanya, oleh karena itu mereka berdoa untuk orang lain tanpa pamrih.

Orang yang berdoa tanpa mengenal pamrih biasanya orang-orang yang paling berpeluang untuk bermeditasi secara teratur. Meditasi lebih mudah dilakukan oleh orang-orang yang terbebas dari rasa seperti keinginan dan egois. Secara lahiriah mereka mudah untuk memfokuskan diri, dan karena itu mereka akan lebih terbuka untuk mengisi batin mereka dengan inspirasi dan tuntunan Tuhan.

Berdoa adalah membuka jalan dan memohon kepada Tuhan lewat alunan doa. Sedangkan meditasi adalah mengosongkan pikiran namun tetap fokus pada satu titik. Berdoa dan meditasi ini dapat digabungkan menjadi satu kesatuan. Untuk melatihnya, duduklah dan memusatkan diri seperti biasa. Mulailah berdoa kepada Tuhan untuk diri sendiri, orang lain, semua orang yang anda tahu, dan segala sesuatu dalam hidup anda. Setelah itu barulah pelan-pelan mengosongkan pikiran dari segala macam pikiran yang lain. Mengosongkan pikiran berarti tidak terdapat apa-apa lagi, termasuk anda tidak membaca doa dalam pikiran anda. Tugas anda adalah memfokuskan diri menuju ke dalam batin!

Dengan berlatih ini, apa yang anda doakan bukanlah ambisi belaka. Batin anda semakin lama akan menjadi lebih terbuka untuk dapat membuat anda merasa lebih bahagia.

 
  Incoming Keywords: doa dan meditasi, meditasi dan doa, perbedaan hidup orang yang berdoa dengan yang tidak

,

Comments are closed.