Tips Menulis Blog yang Baik untuk Pemula

menulis blogJika anda ingin mengetahui cara menulis blog, ada banyak panduan yang harus diikuti agar membuat blog anda menjadi sukses. Menulis setiap hari adalah termasuk bagian dari cara menulis blog yang baik.

Banyak orang yang pernah memiliki blog. Beberapa orang juga mendapatkan bayaran hanya dengan menulis lewat media internet tersebut. Membutuhkan waktu yang lama bagi sebuah blog agar benar-benar bisa nampak baik. Banyak orang ingin tahu rahasia di balik cara menulis blog yang sukses. Ada beberapa tips yang harus anda ikuti untuk meningkatkan peluang agar bisa sukses dalam menulis blog.

Bagaimana awal menulis blog?

Terdapat banyak panduan yang dapat anda ikuti untuk memulai menulis blog. Beberapa cara menulis blog yang baik akan dijelaskan seperti di bawah, ikuti tips menulis blog berikut lebih lanjut.

Topik
Tulis tentang apa sajakah yang anda ketahui dengan memilih satu topik. Jika anda seorang guru, tulislah kejadian apa sajakah yang pernah terjadi di sekolah anda. Jika anda ingin menempatkan blog anda sebagai sumber daya untuk informasi yang baik tentang topik tertentu, berikanlah informasi berdasarkan fakta atau pengalaman di balik artikel anda. Demikian pula, jika anda menulis terlalu banyak topik yang berbeda, anda tidak akan mampu membangun khalayak pembaca dengan mudah. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memilih topik yang anda tahu.

Koreksi
Jika tulisan pada blog anda terlalu banyak terdapat kesalahan tata bahasa, blog anda menjadi tidak kredibel. Ini berarti anda perlu untuk mengoreksi setiap posting yang telah anda tulis sebelum mempublikasikannya di blog. Memang kedengarannya hal ini adalah sesuatu yang dikerjakan lebih dari sekali dan membuat mata menjadi lelah setelah menulis blog. Namun, setidaknya cara menulis blog ini telah mengurangi nilai buruk di mata pembaca, walau kadang masih juga ada yang terlewat, setidaknya meminimalkan. Anda mungkin bisa menulis artikel dahulu pada notepad atau word document.

>>  Seberapa Penting Keahlian Menulis dalam Komunikasi

Tidak mengecewakan pembaca
Jadwal posting yang teratur dapat membantu anda untuk tidak mengecewakan para pembaca. Setelah anda memiliki basis pembaca, mereka akan mulai datang kembali ke blog anda secara teratur untuk melihat apakah ada yang baru. Jika anda tidak memposting sesuatu yang baru selama beberapa hari atau minggu bahkan bulan, pembaca anda akan berhenti datang secara otomatis. Mungkin anda ingin menulis 4 posting dalam seminggu atau 2 posting sehari.

Mempelajari mesin pencari
Mengetahui bagaimana mesin pencari seperti Google atau Bing menemukan blog anda dapat membantu posting anda muncul sesering mungkin sesuai pencarian di mesin pencari. Tagging dan mengkategorikan posting anda adalah cara yang bagus untuk diterapkan dalam menulis blog. Pastikan kata kunci anda muncul di awal posting atau pararagraf pertama, atau juga memasukkannya pada judul artikel. Hal ini dapat membantu mesin pencari dalam memahami konten anda.

Memilih tema
Tidak ada yang ingin membaca informasi dari sebuah blog yang terlihat tak rapi. Pilih tema yang bersih untuk blog anda dan tidak terlihat berantakan. Semakin mudah blog anda untuk dijelajahi, maka akan membuat orang lebih mudah untuk membacanya.

,

Comments are closed.