Kalium Rendah Penyebab Sakit Kepala

Rendahnya tingkat kalium dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab seringnya sakit kepala. Kalium merupakan salah satu mineral paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Mineral ini sangat penting untuk berfungsinya beberapa organ vital seperti otak, jantung, ginjal dan juga sistem otot. Ada beberapa makanan yang kaya akan kandungan kalium dan memberikan semua jumlah penting dari kalium. Namun, hal itu dapat diperoleh hanya jika seseorang memiliki pola makan yang seimbang termasuk buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Orang yang tidak memiliki pola makan yang seimbang biasanya menderita kekurangan kalium. Ini adalah kondisi medis yang umumnya dikenal dengan hipokalemia. Ada beberapa gejala yang berhubungan dengan hipokalemia, sakit kepala menjadi salah satunya.

Tingkat kalium rendah penyebab sakit kepala

Kalium sebagai mineral, bila dilarutkan dalam cairan memiliki sifat kelistrikan. Oleh karena itu juga disebut elektrolit. Mineral ini secara khusus penting untuk memfungsikan otot dan sel saraf. Berfungsinya otot atau kontraksi dan relaksasi otot, khususnya otot-otot jantung, dapat berfungsi dengan adanya tingkat kalium yang pas. Menjaga tekanan darah normal dan metabolisme energi melibatkan penggunaan kalium oleh tubuh. Kalium rendah adalah suatu kondisi yang terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan jumlah yang cukup kalium dari makanan. Ini adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke pada orang.

Pada saat yang sama, sakit kepala juga merupakan salah satu gejala utama rendahnya kalium. Orang yang menderita tingkat kalium rendah menderita sakit kepala periodik atau kronis. Sebenarnya, sakit kepala dapat disebabkan karena beberapa alasan dan kondisi. Namun, kekurangan kalium tidak dapat dikesampingkan, karena merupakan salah satu penyebab utama sakit kepala yang berlangsung untuk waktu yang lama atau muncul dalam interval. Sakit kepala cluster dan migrain adalah dua jenis yang bisa disebabkan karena kekurangan kalium pada tubuh.

>>  Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

Mengobati sakit kepala

Orang yang menderita kekurangan kalium disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya kalium. Makanan seperti pisang, buah jeruk, alpukat, sayuran hijau, kentang, tomat, susu, dsb mengandung jumlah kalium tinggi, dan karenanya dapat membantu dalam menormalkan kondisi ini. Intravena kalium juga dapat diberikan kepada orang-orang yang menderita kasus kekurangan kalium yang parah. Dokter mungkin meresepkan pembunuh rasa sakit untuk menghilangkan sakit kepala. Obat yang mengandung kalium juga diberikan kepada orang yang menderita migrain dan sakit kepala kronis. Namun, mengobati akar penyebab kalium rendah dan sakit kepala adalah sangat penting. Selama menjalani pengobatan tersebut, adalah juga penting untuk memantau tingkat kalium dan mencegah agar tidak terlalu tinggi. Tingkat yang sangat tinggi kalium juga bisa berbahaya.

Sakit kepala kronis sebagian besar disebabkan karena kekurangan kalium. Oleh karena itu, jika anda sering menderita sakit kepala yang juga disertai dengan gejala lain, anda harus berkonsultasi dengan dokter segera dan mengobati dengan cara yang tepat.

,

Comments are closed.