Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

cara menulis surat pengunduran

Tips menulis surat pengunduran diri yang baik diperlukan oleh anda yang berencana untuk mengundurkan diri. Pelajari tips menulis surat pengunduran diri berikut, bagaimanakah menulis surat pengunduran diri ketika mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja.

Apakah anda bosan dengan pekerjaan anda saat ini? Mendapat tawaran yang lebih baik? Tidak menyukai atasan anda? Apapun yang menjadi alasannya, hal pertama yang harus dipikirkan adalah cara untuk berkomunikasi dalam memberikan keputusan. Untuk membuat segalanya lebih mudah maka anda perlu untuk mempersiapkan diri.

Sebelum anda memberikan keputusan kepada pihak manajemen, pastikan anda telah mengambil keputusan yang tepat. Jangan mengambil keputusan dengan tergesa-gesa. Menimbang pro dan kontra dari peluang dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Sebelum anda memutuskan untuk mengundurkan diri, akan lebih baik untuk berkomunikasi dengan manajer atau atasan sebelum anda menyebarkan hal ini di antara rekan-rekan dan staf lainnya.

Menulis surat pengunduran diri yang baik

Sekarang anda telah membuat suatu keputusan untuk keluar dari pekerjaan dan mengundurkan diri. Ketika saatnya tiba maka tips berikut adalah beberapa petunjuk yang perlu diikuti sebagai bagian dari surat pendunduran diri.

  1. Surat pengunduran diri harus sangat tepat dan to the point. Tidak perlu bertele-tele seperti saat anda menulis sebuah dokumen resmi. Buatlah dengan singkat dan menyebutkan surat pengunduran diri di baris subjek dari surat.
  2. Sebutkan waktu atau tanggal ketika anda ingin mulai mengundurkan diri. Buatlah juga referensi pemberitahuan seperti yang disebutkan dalam kontrak kerja dan beritahukan juga bahwa anda masih akan bekerja sampai pada batas periode.
  3. Meskipun banyak orang cenderung ingin memberikan opini dan pandangan negatif mereka kepada manajer atau atasan mereka, orang yang bijaksana tidak akan pernah melakukannya. Tidak peduli seberapa anda puas dengan atasan, bertindaklah seperti seorang profesional. Jangan menggunakan kalimat yang mungkin terasa merendahkan atau ofensif kepada atasan.
  4. Berikan secara singkat dan sebutkan alasan pengunduran diri dalam satu atau dua baris. Penjelasan atau alasan pengunduran diri harus menunjukkan kesopanan dan profesionalisme yang sangat dihargai dalam dunia usaha.
  5. Orang-orang yang telah menikmati pekerjaan mereka dan harus meninggalkan pekerjaan untuk alasan lainnya, selalu dapat menyebutkan betapa besar pengalaman yang telah mereka dapatkan. Tak lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk anda.

Sebagai tambahan yang wajib diingat dalam menulis surat pengunduran diri;

  • Pembukaan formal, yth. ibu atau bapak.
  • Subyek adalah surat pengunduran diri.
  • Teks pada batang tubuh dengan kalimat yang singkat, menyebutkan tanggal pengunduran diri dan masa pemberitahuan.
  • Sebuah alasan pengunduran diri.
  • Baris penutup yang sopan dan ramah.
  • Lampiran dokumen lain yang diperlukan.

Demikianlah tips menulis surat pengunduran diri, semoga anda dapat mengikutinya agar proses pengunduran diri dari pekerjaan dapat berjalan tanpa halangan.

 
  Incoming Keywords: sistem menulis surat recent, surat pengunduran diri informal

,

Comments are closed.