Sakit Kepala Setelah Berolahraga

Sakit kepala setelah berolahraga dapat terjadi jika anda mengikuti teknik dan pola olahraga yang salah. Hal ini juga mungkin terjadi karena adanya gangguan kesehatan yang mendasarinya.

Sakit kepala setelah berolahraga biasanya terjadi karena gerakan berat oleh tubuh. Pemula sering melakukan kesalahan dengan langsung melompat ke olahraga yang berat daripada memulai dengan gerakan ringan terlebih dulu. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat gula darah yang mendadak dari darah ke otak, dan menyebabkan sakit kepala serta kelelahan pada otot juga. Tubuh menjadi terkejut, tidak mampu mentolerir perubahan secara mendadak. Jika anda sudah sering menderita migrain, ada kemungkinan bahwa olahraga yang berat akan memicu rasa sakit kepala. Berikut adalah alasan yang akan dijelaskan dalam paragraf di bawah ini tentang sakit kepala setelah berolahraga.

Penyebab sakit kepala setelah berolahraga

Jika anda mengalami sakit kepala setelah berolahraga, maka anda mungkin salah dalam berolahraga. Gerakan kuat selama berjam-jam dapat menyebabkan otot tegang dan menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala tiba-tiba lebih sering dirasakan jika anda beralih dari olahraga yang ringan sampai yang lebih berat. Hal ini menyebabkan pelebaran pembuluh darah, yang pada akhirnya mengakibatkan sakit kepala.

Penurunan gula darah
Jika anda berolahraga selama berjam-jam dengan perut yang terlalu kosong, maka hal ini dapat menyebabkan sakit kepala. Hal ini dapat diamati jika anda berolahraga di pagi hari dan dalam keadaan perut kosong sampai siang hari. Membiarkan perut tanpa makanan selama 5 jam setelah berolahraga menyebabkan mual dan sakit kepala terus-menerus.

Dehidrasi
Ini adalah salah satu alasan umum di balik sering sakit kepala. Anda dapat mengalami sakit kepala jika anda berolahraga pada saat cuaca panas dan tidak minum air yang cukup sepanjang hari. Tubuh anda tidak mampu menggunakan energi jika sistem anda tidak terhidrasi dengan baik.

Cedera saraf
Sakit kepala tiba-tiba bisa menjadi gejala dari cedera saraf. Hal ini sering terjadi tanpa disadari dan anda dapat menderita sakit kepala dengan tiba-tiba. Olahraga tanpa diawali pemanasan yang cukup dapat membuat saraf tubuh menjadi kaget. Tubuh anda kehilangan fleksibilitas dan otot-otot semakin menegang, ahirnya menyebabkan sakit kepala parah.

>>  Belakang Kepala Sakit Seperti Ditekan

Tips mencegah

Sebuah pemanasan di awal penting sekali untuk mencegah sakit kepala setelah berolahraga. Pemanasan membuat tubuh lebih fleksibel sebelum melibatkan diri dalam olahraga. Cobalah beberapa peregangan ringan untuk menghilangkan sakit kepala yang disebabkan karena berolahraga. Berjalan-jalan atau jogging juga dapat membantu.

Anda tidak harus memulai berolahraga dengan penuh ambisi. Mulailah dengan gerakan yang meningkatkan fleksibilitas tubuh anda. Membungkuk dan melakukan peregangan akan banyak membantu. Jika anda berusia lebih dari 50, anda mungkin berada pada risiko menyakiti diri sendiri. Oleh karena itu, mintalah nasihat dari seorang pelatih kebugaran untuk menghindari sakit kepala dan keseleo otot setelah berolahraga.

Minum banyak air setelah berolahraga akan meningkatkan kondisi kesehatan dan meringakan sakit pada kepala. Menjaga diri terhidrasi juga memungkinkan anda untuk tetap fit. Untuk ini, anda perlu minum setidaknya 10 gelas air setiap hari. Ini adalah obat alami terbaik untuk mencegah sakit kepala.

Hindari membungkuk terlalu sering jika anda memiliki sakit kepala migrain. Hal ini menyebabkan gangguan aliran darah. Sebaliknya, berkonsentrasi pada gerakan-gerakan yang memastikan postur tubuh tetap lurus.

Jika anda menderita sakit kepala terus-menerus, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Perawatan yang tepat mampu menyembuhkan sakit kepala.

Sakit kepala setelah berolahraga menjadi parah ketika menjadi sakit kepala terus-menerus. Berolahraga dengan tepat bersama dengan makanan yang sehat adalah cara untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

 
  Incoming Keywords: habis joging kepala pusing, habis lari pusing kepala sebelah, penyebab pusing saat bangun tidur sehabis olahraga malam, pusing setelah olahraga, sakit kepala setelah main bola, sesudah berseped sakit kepala dan mual kenapa ?

, ,

Comments are closed.