Kepribadian Berdasarkan Urutan Kelahiran

Apakah anda percaya bahwa urutan kelahiran dapat menentukan kepribadian seseorang? Artikel berikut ini akan menjelaskan kepribadian berdasarkan urutan kelahiran, yang sebenarnya masih terlihat samar.

Kepribadian seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pendidikan dalam keluarga, lingkungan, dan genetika. Bahkan urutan kelahiran dapat dikatakan sebagai salah satu dampak dalam pengembangan kepribadian.

Belajar tentang perkembangan kepribadian sangatlah menarik. Tidak ada faktor tunggal yang membentuk kepribadian seseorang. Ada faktor harfiah yang tak terhitung banyaknya, mulai dari dunia astrologi yang diyakini mempengaruhi perkembangan kepribadian. Bahkan studi penelitian sendiri juga telah gagal untuk menghubungkan antara urutan kelahiran dan dampaknya terhadap kepribadian, sehingga hal ini tidak dapat dikatakan secara konkret.

Kepribadian berdasarkan urutan kelahiran

Ini adalah pengamatan umum bahwa anak yang lahir pertama seharusnya lebih bertanggung jawab daripada saudara-saudara mereka yang lebih muda. Pendapat ini juga didukung oleh banyak penelitian. Tetapi di antara para ahli psikologi, terdapat dua pendapat yang kontra, kelompok yang satu beropini bahwa urutan kelahiran memiliki pengaruh terhadap kepribadian, sedangkan kelompok yang lain memegang opini sebaliknya. Menurut berbagai penelitian, karakteristik berikut dapat terlihat pada seseorang, berdasarkan urutan kelahiran mereka dalam keluarga.

Anak sulung
Pragmatis, hati-hati, mendominasi, bertanggung jawab, jujur, dapat diandalkan dan mau menerima ide-ide baru.

Anak tengah
Suka untuk menyenangkan orang, sifat memberontak, mediator, rasional dalam berpikir, pada umumnya memiliki banyak teman.

Anak bungsu
Mempunyai ide-ide dan antusias untuk mencoba, ingin tampil beda, emosional, cenderung manipulatif dan kompetitif.

Anak tunggal
Selalu ingin menjadi perfeksionis.

Apakah benar urutan kelahiran mempengaruhi kepribadian?

Banyak penelitian telah dilakukan di masa lalu untuk mengetahui pengaruh urutan kelahiran pada kepribadian. Teori Alfred Adler adalah yang pertama kali mempelajari hubungan antara urutan kelahiran dan kepribadian. Dia sangat percaya bahwa urutan kelahiran di antara saudara dapat memiliki efek yang langgeng dan kuat pada kepribadiannya. Menurut Adler, urutan kelahiran mempengaruhi cara seseorang menangani suatu persoalan dan faktor-faktor seperti pengambilan keputusan, komunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Alfred Adler mempunyai alsan bahwa anak yang lebih tua menunjukkan ciri-ciri seperti kesadaran dan keramahan. Adler juga menggambarkan lima karakter penting pada kepribadian manusia. Kelima ciri karakter tersebut adalah; openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness and neuroticism. Dampak urutan kelahiran pada sifat-sifat ini sebenarnya tidak begitu jelas atau samar-samar. Teori ini didukung oleh Frank Sulloway. Dalam bukunya yang berjudul Born to Rebel, dia telah mendukung pandangan Adler dan telah menyebutkan bahwa saudara muda atau anak yang lebih muda dalam keluarga cenderung bersifat memberontak dan mempunyai ide-ide baru daripada anak tertua. Pendapat Sulloway ini juga didukung oleh Paulhus dkk, yang telah menemukan pengamatan serupa pada 5 karakteristik tersebut.

>>  Dapatkah Kepribadian Seseorang itu Berubah?

Di antara psikolog, ada juga pendapat yang kontra dalam menentukan kepribadian berdasarkan urutan kelahiran seseorang. Para kritikus seperti Fred Townsend, Toni Falbo, dan Judith Kaya Harris percaya bahwa hal tersebut tidak memiliki pengaruh yang mutlak.

Dari sudut pandang para penentang teori Adler, urutan kelahiran bukan merupakan faktor konkret yang dapat menentukan kepribadian. Ada banyak faktor lain seperti ukuran keluarga, kondisi ekonomi keluarga, kematian saudara, dsb yang dapat mempengaruhi sifat dan perilaku individu.

Fakta bahwa orang tua lebih dalam membesarkan anak pertama mereka juga tidak dapat diabaikan. Misalnya kasus umum yang kerap terjadi pada saat membesarkan anak pertama mereka, orang tua menempatkan semua upaya untuk membuat anak mereka bertanggung jawab dan mengikuti nilai-nilai dengan ketat. Pada sebaliknya, mereka cenderung kurang menempatkan hal ini pada anak kedua mereka.

Dalam lingkaran psikologi, ada banyak pendapat yang tidak bisa dikatakan bahwa suatu hal adalah pasti. Dalam pengamatan masyarakat umum, kepribadian berdasarkan urutan kelahiran tidaklah dapat dipercayai begitu saja karena bukan hal yang mutlak dan pasti. Efektivitas pada kepribadian berdasarkan urutan kelahiran akan selalu menjadi topik yang diperdebatkan karena tidak dapat dibuktikan dan hasil penelitianpun terlihat samar.

 
  Incoming Keywords: urutab dalam keluarga, urutan lahir, fakta tentang urutan anak, kepribadian berdasarkan urutan lahir, Kepribadian di lihat dari lahir kebrapa, watak berdasar urutan lahir, kepribadian anak berdasarkan urutan kelahiran, karakter urutan lahir, faktor urutan kelahiran anak terbaru, fakta tentang kelahiran anak

,

Comments are closed.