Fakta tentang Buah Durian

Buah durian merupakan buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara dan dianggap sebagai raja dari semua buah-buahan. Durian diyakini berasal dari Kalimantan dan Sumatera. Kemudian buah ini semakin lama menyebar ke Malaysia dan juga di Thailand, Filipina Selatan, New Guinea, India, Sri Lanka, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya. Durian telah ada di kawasan Asia Tenggara sejak zaman prasejarah, namun buah durian baru dikenal oleh dunia barat sekitar 600 tahun terakhir. Durian adalah bagian dari keluarga bombacaceae. Saat ini, Thailand merupakan pengekspor buah durian terbesar. Sebagai produsen durian terbesar di dunia, di Thailand selalu diadakan festival dan karnaval selama sembilan hari untuk memperingatinya, khususnya di Provinsi Chanthaburi selama bulan Mei. Provinsi Chanthaburi memiliki jumlah terbesar kebun buah durian di dunia.

Fakta durian

Istilah durian telah berasal dari kata Melayu duri. Hal ini karena bentuknya yang tebal dengan kulit berduri yang hampir mirip dengan buah nangka. Pohon durian dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 50 meter, memiliki umur panjang dan dapat hidup selama berabad-abad, jika tidak terganggu oleh penyakit atau rusak oleh erosi tanah dan kekeringan. Kualitas buah durian terbaik biasanya didapat dari pohon durian yang sudah tua. Pohon durian mampu berbuah setelah 4-5 tahun dan musim berbuah mulai dari bulan Mei sampai Oktober.

buah durian

buah durian

Satu fakta bahwa buah durian menarik adalah rasanya yang enak disamping juga baunya yang menyengat. Bau durian yang menyengat menyebabkan beberapa orang merasa jijik dan mual, karena baunya yang menyesakkan. Bau khas durian yang tidak menyenangkan ini juga kadang menjadi sebab mengapa durian dilarang dibawa masuk ke tempat umum seperti hotel dan pesawat terbang. Pemanenan buah durian sebaiknya menunggu buah jatuh dari pohon dan kemudian mematangkannya untuk 2-4 hari ke depan sebelum dimakan. Ini adalah waktu ketika buah durian akan menjadi terasa lezat.

>>  Khasiat Sebutir Kurma Membuat Jadi Sehat

Manfaat nutrisi durian

  • Buah durian adalah sumber yang baik dari karbohidrat, protein, serat makanan dan energi. Buah ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, C dan E, serta dengan asam amino. Namun, buah durian juga mengandung kolesterol.
  • Buah durian kaya akan fitonutrien, antioksidan dan juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang dapat membuat suasana hati seseorang menjadi nyaman.
  • Penerapan jus yang dibuat dari daun durian di atas kepala orang yang menderita demam dapat meringankan sakit.
  • Beberapa manfaat buah durian lainnya adalah kandungan zat besi tinggi yang membantu mengatasi infeksi jamur seperti sariawan.

Biji buah durian juga dapat dimakan, mungkin juga dapat dibuat sebagai keripik. Durian adalah buah yang unik. Namun demikian, kombinasi buah durian dan alkohol dapat memicu efek samping yang buruk. Buah durian memang merupakan buah yang mengagumkan, bau tapi juga enak.

 
  Incoming Keywords: durian penyebab batuk

, ,

Comments are closed.