Penyebab Mata Lelah & Cara Mengobati Mata Lelah

Menghabiskan banyak waktu menatap layar komputer atau gaya hidup yang stres dapat menjadi penyebab mata lelah. Sangat penting untuk mengistirahatkan mata barang sejenak agar menjadi lebih ringan.

Gaya hidup stres adalah alasan penyebab mata lelah. Kondisi mata lelah ditandai dengan bengkak di sekitar mata, bersamaan dengan berat pada mata dan kepala. Orang dengan mata lelah merasa kelopak mata mereka terasa sangat berat, bahkan hal itu dapat terjadi meski mereka tidak mengantuk. Memenuhi tuntutan di tempat kerja dan di rumah telah mengakibatkan orang mengalami mata lelah lebih sering.

Penyebab mata lelah

Istirahat yang tidak memadai
Stres di tempat kerja atau di rumah dan lingkungan tidur yang bising dapat menyebabkan menjadi kurang tidur di malam hari. Kurang tidur menyebabkan mata menjadi berat dan bengkak. Lingkaran hitam di sekitar mata juga akan terlihat jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup.

Aktivitas di depan komputer
Beberapa orang tidak ingin menyia-nyiakan waktu bahkan sepersekian detikpun di tempat. Menatap terus menerus layar monitor komputer dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Membaca
Kutu buku suka membaca dan mereka ingin menyelesaikan membaca buku tanpa beristirahat. Hal ini dapat mengakibatkan mata lelah. Membaca berlebihan terus menerus dalam cahaya redup juga dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

Pola makan
Penurunan asupan air juga dapat menyebabkan mata menjadi mudah lelah. Kurangnya vitamin B12, vitamin D, vitamin K dari makanan juga menyebabkan mata lelah.

Fisiologi
Genetika dapat menjadi alasan untuk mata lelah, Penyebab Mata Bengkak atau perubahan warna pada mata. Faktor usia juga menyebabkan pengenduran otot-otot mata.

Penyebab lain dari mata lelah adalah merokok, polusi lingkungan, pasokan oksigen yang tidak memadai ke kornea, alergi, dan konjungtivitis.

Gejala mata lelah

  • Mata terasa terbakar
  • Mata berair
  • Mata terasa berat
  • Mata merah
  • Mata kering
  • Penglihatan kabur
  • Gatal pada mata
  • Iritasi pada mata
  • Sakit mata
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya

Cara mengobati mata lelah

Meskipun kondisi ini tidak fatal, hal tersebut adalah stres bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan yang tidak boleh diabaikan dan harus diobati. Jika tidak diobati pada waktunya, kondisinya dapat menjadi lebih buruk dan menyebabkan penglihatan kabur. Berikut adalah beberapa cara mengobati mata lelah.

  1. Setiap hari anda berada di tempat kerja, luangkan waktu sebentar untuk bersantai. Berpaling dari layar komputer dan memutar mata anda di kedua arah. Cobalah dan berkedip lebih sering. Lihatlah di sekitar ruangan atau menutup mata anda selama satu menit. Melakukan ini akan membantu mengurangi stres secara keseluruhan pada mata, dan anda tidak akan merasa begitu lelah setelah bekerja.
  2. Kafein dalam teh membantu menenangkan mata lelah. Buatlah secangkir teh panas dan usahakan uapnya mencapai mata anda. Hal ini akan dapat mengurangi bengkak dan juga membuat anda merasa segar.
  3. Masukkan kapas ke dalam air susu dingin dan letakkan di atas mata anda yang lelah sambil terpejam.
  4. Bukan tanpa alasan bahwa mentimun adalah bagian dari kecantikan. Mentimun memiliki sifat pendinginan dan juga mampu mengurangi ukuran pembuluh darah, sehingga dapat mengatasi mata bengkak. Iris mentimun letakkan satu potong pada setiap kelopak mata. Berbaringlah di di kursi dan bersantai. Setelah irisan mentimun terasa tidak segar lagi atau suhunya sama dengan suhu tubuh, gantilah dengan potongan mentimun yang segar. Obat ini akan mengurangi bengkak.
  5. Jika mata anda merasa sangat lelah di tempat kerja, pergilah ke kamar kecil dan mencuci muka dengan air dingin. Air dingin akan membantu meringankan rasa lelah pada mata.
  6. Air mawar dikenal dengan manfaatnya untuk kulit. Celupkan kapas dalam larutan air mawar dan kemudian taruh di atas mata dapat membantu meringankan ketegangan pada mata.

>>  Penyebab Mata Merah Gatal

Solusi di atas adalah cara mengobati mata lelah yang alami. Tetapi yang terpenting adalah untuk menghilangkan penyebab mata lelah. Jika kurang tidur adalah yang menyebabkan mata menjadi lelah, maka seseorang harus mencoba tidur lebih banyak. Suatu perubahan rutin dapat membantu mengurangi tekanan.

 
  Incoming Keywords: cara mengatasi mata lelah, mata terasa berat, mengatasi mata lelah, cara mengobati mata lelah, obat mata lelah, penyebab otot mata merah, cara mengatasi mata pegal, Cara menghilangkan mata lelah, mata mudah lelah, Mata lelah

, , , ,

Comments are closed.