Penyebab Iritasi Mata, Gejala Iritasi Mata

Iritasi mata bisa menjadi masalah yang membuat kita frustasi. Tapi jika penyebab iritasi mata diketahui, maka sangat mudah untuk mengobati iritasi mata. Mata memungkinkan kita untuk melihat semua pemandangan dan mengerti apa yang terjadi di sekitar kita. Organ kecil ini juga sangat halus dan lebih terbuka dibandingkan organ lain, karena itu lebih rentan terhadap kerusakan atau iritasi mata. Ada kalanya kita semua pernah mengalami iritasi mata.

Penyebab iritasi mata

Penyebab iritasi mata dapat disebabkan karena beberapa faktor. Debu juga menjadi faktor yang dapat menyebabkan iritasi pada mata. Iritasi mata dapat terjadi karena disebabkan kelopak mata yang berdekatan dengan bulu mata. Ketika kotoran terdapat pada bulu mata, hal itu menyebabkan peradangan dan kelopak mata terkena iritasi.Untuk mengobati iritasi mata adalah perlu untuk memahami penyebab yang berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab iritasi mata:

  1. Blepharitis merupakan infeksi pada kelopak mata. Hal ini terjadi karena bakteri pada kulit. Masalah ini menyebabkan peradangan pada folikel bulu mata.
  2. Okuler rosacea adalah kondisi peradangan kulit, dan ketika hal itu terjadi di dekat mata bisa menyebabkan iritasi. Hal ini membuat kelopak mata bengkak dan rasa panas terbakar terus-menerus di mata.
  3. Iritasi mata kering dapat terjadi sebagai akibat dari kekeringan pada kornea dan konjungtiva. Kekurangan produksi air mata menyebabkan mata kering. Air mata berguna untuk melumasi dan memelihara mata, jika produksinya berkurang maka hal itu mengarah pada iritasi mata.
  4. Keratitis mengacu pada berbagai infeksi atau peradangan pada kornea. Ini adalah luka terbuka di lapisan luar kornea. Pengobatan secepatnya harus dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dari kornea.
  5. Penyebab lainnya adalah iritis, peradangan pada iris, mata merah, sakit hati, debu, lensa kontak yang terinfeksi, mata lelah, atau penggunaan make up untuk daerah mata.
>>  Penyebab Mata Lelah & Cara Mengobati Mata Lelah

Gejala iritasi mata

Gejala iritasi mata sepenuhnya tergantung pada penyebabnya. Sebagian besar gejala yang berhubungan dengan iritasi di mata akan menyebabkan mata terasa seperti terbakar, gatal, iritasi pada kelopak mata, mata merah, mata berair, radang mata atau kelopak mata, kulit terkelupas atau bahkan ketombe pada kelopak mata, kepekaan terhadap cahaya, infeksi nanah, benjolan di kelopak mata, bintik-bintik pada kornea, sakit mata parah, penglihatan kabur, dan mata merah.

Pengobatan iritasi mata sepenuhnya tergantung pada penyebab iritasi mata dan gejala iritasi mata. Perawatan melibatkan obat anti inflamasi dan obat tetes antibiotik. Selain pengobatan, cara mengatasi iritasi mata juga dapat menggunakan kompres dingin atau hangat, menghindari penggunaan lensa kontak, dan mengurangi penggunaan make up.

 
  Incoming Keywords: iritasi mata, gejala iritasi mata

, ,

Comments are closed.