Penyebab Mata Merah Gatal

Jika anda terus-menerus mengalami mata merah gatal, jangan mengabaikannya karena bisa menjadi gejala dari masalah mata yang parah. Artikel penyakit mata merah gatal ini akan memberikan informasi lebih lanjut tentang penyebab mata merah gatal dan metode pengobatan untuk mata gatal.

Mengalami gatal pada mata dan mata merah berair bisa jadi merupakan gejala dari masalah mata atau alergi. Seiring dengan mata merah, jika anda mengalami gejala lain seperti pembengkakan, mata panas, mata kering dan penglihatan kabur, dsb, maka sudah pasti hal ini membuat tidak nyaman. Jika anda sering mengalaminya, yang terbaik adalah mendapatkan pengobatan dengan cepat sebelum bertambah menjadi buruk. Di sini kita akan mengulas dan mengenal tentang penyebab mata merah gatal.

Penyebab mata merah gatal

Paparan sinar matahari dan debu adalah penyebab umum dari gatal dan mata merah. Di sisi lain, seseorang yang menderita pilek dan flu juga mungkin mengalami gatal-gatal dan berair pada mata.

Alergi
Alergi yang disebabkan karena alergen udara adalah salah satu penyebab umum mata gatal. Alergi mata bisa disebabkan karena berbagai penyebab seperti paparan debu, jamur, udara kering, dan gas beracun. Di sisi lain, beberapa orang justru mempunyai alergi terhadap obat tetes mata yang digunakan untuk mengobati mata kering.

Konjungtivitis
Peradangan pada konjungtiva atau selaput luar mata disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis disebabkan karena infeksi virus atau bakteri dan hal ini dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Kemerahan, gatal, mata berair adalah gejala umum dari konjungtivitis.

Ketegangan otot
ketegangan pada otot mata juga merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan mata gatal, mata merah dan mata kering. Membaca selama berjam-jam atau bekerja lewat komputer untuk waktu yang lama adalah penyebab signifikan dari ketegangan otot mata. Di sisi lain, tidak cukup tidur atau insomnia juga dapat menyebabkan kelelahan pada mata.

Glaukoma
Glaukoma adalah salah satu penyebab paling parah, gatal, mata merah dan kering juga menjadi salah satu penyebab utama kebutaan pada orang. Penyakit ini disebabkan karena peningkatan tekanan dalam bola mata, yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik. Penglihatan kabur dan mata merah adalah gejala glaukoma. Jika kondisi ini tidak diobati untuk waktu yang lama maka dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Mengatasi mata merah gatal

Jika seseorang mengalami mata merah gatal terlalu sering, maka harus berkonsultasi dengan dokter untuk segera didiagnosa. Hal ini penting untuk mengidentifikasi penyebab pasti alergi sepenuhnya. Namun, jika anda menderita reaksi alergi, ada obat yang tersedia yang dapat membantu dalam meredakan alergi. Konjungtivitis juga dapat diobati dengan bantuan obat-obatan dan tetes mata. Namun, orang yang menderita konjungtivitis harus diisolasi untuk mencegah penyebaran yang menular dari penyakit mata ini. Pengobatan glaukoma tergantung pada sejauh mana penyakit tersebut telah menyebar. Pada tahap awal, tetes mata dan obat lainnya mungkin dapat membantu, namun dalam kasus yang lebih parah pembedahan mungkin diperlukan. Memercikkan air di wajah atau memijat lembut di sekitar mata dengan jari juga membantu dalam mengatasi mata lelah.

 
  Incoming Keywords: mata gatel disebabkan, mata merah gatal penyebabnya apa, mata sering gatal dan merah, Penyebab mata g, penyebab mata merah dan gatal terus menerus

, , , ,

Comments are closed.