Dokter Mata

Dokter mata, membantu kita dalam mengatasi masalah pada mata kita yang begitu berharga. Mata, kita tidak memiliki penggantinya, jadi kita harus berkonsultasi dengan orang yang tepat yaitu dokter mata. Dokter mata dapat mendiagnosa dan mengobati masalah mata yang berbeda-beda.

Mata adalah jendela jiwa. Mata juga dapat melihat gambar secara nyata dan warna. Perawatan medis yang benar dan tepat waktu adalah suatu keharusan bagi setiap penyakit sekecilpun pada mata. Mari kita belajar tentang dokter yang berurusan dengan masalah mata, yang mungkin anda perlukan untuk berkonsultasi dengan dokter mata pada saat dibutuhkan.

Dokter mata

Ophthalmologist (dokter spesialis mata)
Para profesional yang menangani perawatan pada mata dan berhubungan dengan operasi mata disebut dokter spesialis mata. Pembedahan atau operasi mata ini meliputi jenis operasi yang harus dilakukan jika diperlukan. Dua jenis umum operasi termasuk fakoemulsifikasi katarak dan operasi refraksi elektif. Operasi khusus yang dikenal dengan  laser in-situ keratomileusis atau LASIK umumnya digunakan untuk pasien yang lebih muda, di usia 30-40-an.

dokter mata

Dokter spesialis mata menawarkan perawatan untuk penyakit mata tertentu dan membantu dalam mendiagnosis. Untuk menjadi dokter spesialis mata, seseorang perlu meraih gelar sarjana kedokteran, empat tahun sekolah kedokteran, satu tahun magang, dan tiga tahun atau lebih mengikuti pelatihan medis dan bedah khusus dalam pengobatan mata. Setelah semua ini dilalui baru bisa mendapatkan persetujuan atau lisensi dari otoritas yang bersangkutan dari negaranya, yang menetapkan mereka sebagai dokter spesialis mata. Mereka juga dapat membantu untuk mendiagnosa penyakit yang disebabkan oleh penyakit lain seperti diabetes.

Optometrist (dokter mata/ ahli kacamata)
Dokter yang tidak diharuskan untuk mengenyam pendidikan khusus di sekolah kedokteran, tetapi sudah mendapatkan pendidikan sekitar 4 tahun atau tambahan 1 tahun studi di perguruan tinggi, memenuhi syarat sebagai dokter mata. Dokter mata ini disebut juga dokter optometri. Tidak seperti dokter spesialis mata(Ophthalmologist), dokter mata ini tidak terlatih untuk melakukan operasi atau mengobati suatu penyakit tertentu. Namun, mereka dapat mendeteksi kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi warna dan memeriksa cacat seperti rabun dekat, presbiopia dan astigmatisme. Mereka juga dapat memeriksa dan melakukan penelitian pada struktur mata internal dan eksternal untuk penyakit utama seperti glaukoma, katarak dan ablasi retina. Dokter mata juga dapat membimbing seseorang untuk penggunaan yang tepat dari lensa kontak dan kacamata.

>>  Penyebab Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Optic/ optician (ahli optik)
Seseorang yang membantu dokter mata dalam memberikan perawatan total pasien disebut ahli optik. Dia diharapkan dapat membantu pasien selama dan setelah pengobatan. Ahli optik ini dapat meresepkan jenis lensa kontak yang paling sesuai dengan seseorang. Dia juga memegang tanggung jawab untuk merawat seluruh proses pemeliharaan terkait dengan produk untuk mata.

Beberapa spesialisasi lain dari dokter mata

Spesialis retina
Atas saran dokter mata, pasien harus berkonsultasi dengan spesialis retina, yang bisa membantu dalam hal masalah retina akut. Sebenarnya itu adalah subspesialisasi oftalmologi. Retina adalah struktur kecil di belakang mata. Masalah dengan hal itu dapat menyebabkan kebutaan. Masalah terkait usia, seperti degenerasi otot dan retinopati diabetes, adalah dua perawatan utama yang ditawarkan oleh mereka, selain mengobati kanker mata, pigmentasi retina, dan ablasi retina.

Orthoptist
Setelah mendapat nasihat dari dokter mata, seseorang dapat berkonsultasi dengan orthoptist yang membantu dalam pengobatan gangguan mata. Gangguan mata mengacu pada visualisasi, yaitu kemampuan untuk menggunakan kedua mata secara efektif. Orthoptists membantu untuk memperbaikinya. Orthoptists dapat membantu dokter spesialis mata menangani perawatan bedah mata. Mereka juga terbiasa dengan bekerja pada banyak perangkat optik seperti lensa, prisma dan kacamata sehingga mereka dapat membantu orang dengan masalah penglihatan yang buruk.

Orthoptist pediatrik
Jika berkaitan dengan anak-anak, maka kita perlu berkonsultasi dengan profesional yang mengkhususkan diri pada kesehatan anak. Orthoptist pediatrik fokus pada anak-anak dan masalah yang terkait mata mereka.

Untuk masalah mata, kita memiliki banyak pilihan untuk memilih dari berbagai ahli profesional. Jadi jika anda memiliki masalah dengan mata, anda sekarang dapat lebih tahu siapa yang harus anda kunjungi, dokter mata, dokter spesialis mata, atau optician.

 
  Incoming Keywords: jadwal praktek dr budiharjo di klaten, tugas dokter mata, nama lain dokter mata, Klinik Mata Prof Dr Budiharjo Kabupaten Klaten Jawa Tengah 57412, kedokteran mata dan optik, gelar dokter mata, dokter mata disebut, cara menjadi dokter spesialis mata, cara menjadi dokter mata, tugas dokter spesialis mata

, , ,

Comments are closed.