Gejala Serangan Jantung pada Pria

Gejala serangan jantung pada pria dapat terjadi sewaktu-waktu. Tidak memandang pria tersebut di tempat ramai ataupun di tempat yang sepi. Gejala serangan jantung pada pria dapat mengancam pria di mana dan kapan saja. Untuk mengetahui lebih jelasnya, artikel berikut ini akan menjelaskan gejala serangan jantung pada pria agar dapat memberikan bantuan tepat waktu.

Setiap detik ketika seorang pria mendapat serangan jantung, hal ini adalah lambang dari kematian. Ini menjadi alasan mengapa setiap orang harus mengetahui tentang berbagai gejala serangan jantung sehingga dapat memberikan pengobatan yang tepat waktu. Antara pria dan wanita, keduanya sama-sama rentan terhadap serangan jantung.

Gejala serangan jantung terjadi ketika terdapat gangguan dalam pasokan darah ke jantung. Kondisi seperti ini dapat membunuh sejumlah sel darah di jantung. Gangguan ini terjadi karena penyumbatan di arteri jantung ketika lipid dan sel darah putih pecah di dinding arteri. Hal ini menyebabkan kekurangan oksigen yang dapat menyebabkan kerusakan jantung atau bahkan kematian. Gejala serangan jantung pada pria juga dapat merupakan sebab dari penyakit jantung yang serius.

Tanda dan gejala serangan jantung pada pria

Gejala serangan jantung bisa terjadi tiba-tiba dalam kasus-kasus tertentu. Tanpa ada peringatan sebelumnya, seorang pria tiba-tiba bisa menderita serangan jantung. Serangan jantung terbukti berakibat fatal. Di sisi lain, pada sebagian besar kasus, serangan jantung terjadi dengan lambat dan terdapat banyak tanda-tanda dari awal sebagai peringatan serangan jantung. Nyeri dada kiri adalah salah satu tanda-tanda serangan jantung.

  • Seorang pria yang menderita serangan jantung mulai merasa tidak nyaman di dada tengah. Ketidaknyamanan ini berlangsung selama beberapa menit. Dalam beberapa kasus, ketidaknyamanan ini datang dan pergi setiap beberapa menit. Penderita mulai merasakan tekanan dan nyeri dada. Ketidaknyamanan ini adalah gejala serangan jantung pada pria yang ringan, akan tetapi juga perlu diobati sebelum masalahnya menjadi parah.
  • Ketidaknyamanan di dada menyebabkan rasa sakit. Nyeri ini menyebar sampai ke bahu, leher dan lengan kiri. Nyeri ini dapat terjadi sementara atau konstan. Dalam kasus-kasus yang serius, rasa sakit ini juga dapat bergeser ke arah perut bagian atas dan rahang. Nyeri pada bagian kiri tubuh juga menjadi salah satu gejala serangan jantung pada pria. Nyeri seperti ini tidak boleh dibiarkan.
  • Salah satu gejala awal serangan jantung adalah sesak napas yang disebabkan karena kekurangan oksigen. Penderita dapat saja mengalami sakit dada saat bernapas. Denyut jantung juga akan meningkat pesat.
  • Rasa mual dan muntah disebabkan karena adanya rangsangan dalam sistem saraf tubuh. Kondisi ini mendahului gejala serangan jantung pada pria sebagai tanda awal serangan jantung.
  • Tanda lain dari serangan jantung pada pria adalah keringat yang disebabkan selama serangan jantung, karena peningkatan pada suhu tubuh. Suhu tubuh meningkat karena tubuh merasa tidak nyaman akibat serangan jantung. Berkeringat juga merupakan salah satu dari tanda-tanda dan gejala serangan jantung ringan. Jika seseorang mulai berkeringat deras, diagnosis tepat waktu adalah suatu keharusan untuk menghindari komplikasi lebih parah.
  • Gejala serangan jantung dapat membuat muka terlihat pucat. Selain itu juga mengalami pusing. Gejala ini tidak bisa dianggap enteng karena dapat menyebabkan serangan jantung.
  • Selain dari gejala di atas, tanda-tanda umum lainnya termasuk mudah lelah, gangguan pencernaan, kecemasan dan kegelisahan. Penderita penyakit jantung mungkin tidak bisa tidur dengan baik pula. Infark miokard atau silent heart attack adalah jenis lain dari serangan jantung di mana tidak terdapat gejala awal serangan jantung dan dapat berakibat fatal. Sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol dan tembakau.

Diagnosis yang tepat harus dilakukan pada waktu yang tepat. Keterlambatan dalam memberikan perawatan menyebabkan kerusakan jantung dan dalam beberapa kasus juga dapat menyebabkan kematian orang tersebut karena gagal jantung. Perlu untuk mengenali gejala serangan jantung pada pria dan memberikan perawatan segera jika diperlukan.

 
  Incoming Keywords: gejala sakit jantung pada pria, apakah penyakit jantung bisa membuat wajah pucat?, penyebab sakit jantung pada laki-laki

, ,

Comments are closed.