Fungsi Vitamin D bagi Kulit & Tubuh

fungsi vitamin d

Fungsi vitamin D sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dalam artikel ini kita akan mencoba untuk memahami berbagai fungsi vitamin D dan bagaimana manfaatnya bagi tubuh kita. Tidak seperti vitamin lainnya dalam tubuh, vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang terbentuk ketika kulit terkena sinar ultraviolet matahari. Ini adalah vitamin yang larut dalam lemak yang ditemukan dalam dua bentuk utama; vitamin D2 dan vitamin D3. Ergocalciferol atau vitamin D2 berasal dari tanaman, sedangkan cholecalciferol atau vitamin D3 berasal dari paparan sinar matahari dan makanan tertentu.

Di dalam tubuh, beberapa bagian dari vitamin D disimpan di dalam ginjal, hati, tulang, dan sedangkan sisanya berada dalam usus, di mana membantu dalam penyerapan kalsium dari makanan. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa fungsi vitamin D sangat penting untuk pertumbuhan yang tepat dari tubuh kita dan juga mempunyai manfaat mencegah berbagai masalah kesehatan. Mari kita lihat berbagai fungsi vitamin D di mana vitamin tersebut sangat berharga bagi tubuh kita.

Fungsi vitamin D untuk kulit

Fungsi vitamin D memiliki banyak manfaat bagi kulit kita, namun seringkali diabaikan. Vitamin D juga mempunyai fungsi menangani masalah kulit seperti psoriasis, penyakit kulit kronis yang ditandai dengan bercak merah kering dan bersisik terutama pada kulit kepala, telinga dan alat kelamin. Namun, cara termudah untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan mendapat eksposur yang tepat dari sinar matahari yang mampu bekerja pada kulit yang tidak terlindung dan memungkinkan untuk memproduksi vitamin D.

Di lain sisi, terlalu banyak paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit dan penuaan dini pada kulit. Berdiri di bawah sinar matahari selama 5 – 10 menit sudah cukup untuk memberikan jumlah vitamin D yang diperlukan bagi kulit.

Fungsi Vitamin D bagi tubuh

Fungsi vitamin D bagi tubuh yang utama adalah untuk menjaga kadar kalsium dan kadar fosfor dalam tubuh yang membantu untuk menjaga dan membangun tulang yang kuat, termasuk gigi dan kuku. Dengan mengendalikan pasokan kalsium antara tulang dan darah, vitamin D juga bertugas dalam proses mineralisasi tulang/ pengerasan tulang. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam mencegah rakhitis pada anak-anak dan osteoporosis atau osteomalacia pada orang dewasa. Vitamin D juga membantu mengobati kondisi seperti diabetes dan obesitas serta mencegah terjadinya multiple sclerosis. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa vitamin D berfungsi untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan penting untuk pertumbuhan tubuh secara keseluruhan.

>>  Kekurangan Vitamin D pada Anak

Sumber lain vitamin D

Seperti kita ketahui, sumber utama vitamin D berasal dari paparan sinar matahari, tetapi selain ini juga dapat ditemukan dalam berbagai makanan seperti ikan salmon, kuning telur, jeruk, sayuran, minyak ikan, susu/ keju, dsb.

Saat ini ada banyak multivitamin kalsium dan suplemen vitamin D yang tersedia untuk menjaga konsentrasi vitamin D dalam tubuh. Namun, sebelum mulai mengkonsumsi suplemen vitamin D, hendaknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, di lain sisi kelebihan vitamin D juga dapat menyebabkan efek buruk pada tubuh.

 
  Incoming Keywords: fungsi vitamin D, Apa manfaat vitamin D, fungsi dari vitamin D, khasiat vitamin D bagi kulit, manfaat utama vitamin d bagi tubuh, manfaat vitamib a bagi tubuh, manfaat vitamin d3 untuk tulang, vitamin d berfungsi untuk

,

Comments are closed.