Dampak Negatif Televisi

Dampak negatif televisi seringkali tidak terpikirkan oleh kita. Selagi kita asyik menikmati tontonan di televisi, sebenarnya televisi mempunyai banyak dampak negatif dan mempengaruhi kita dengan unsur yang negatif. Kita jarang berpikir tentang efek negatif televisi yang dapat mempengaruhi pikiran dan tubuh kita. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang dampak negatif televisi, ikut terus artikel di bawah ini.

Benarkah televisi merupakan sumber dari hiburan untuk anda? Apakah anda duduk dan tiduran untuk menonton televisi setelah pulang dari kerja? Apakah anak-anak anda juga bergabung bersama dengan anda menonton opera sabun dan reality show? Televisi, memang nampaknya dapat menjadi penghilang stres. Namun, di lain sisi, hal itu benar-benar menambah tekanan pada mental anda. Televisi memang dapat untuk membantu mengurangi ketegangan, tetapi juga menambah beban bagi otak. Di sini, televisi memanifestasikan dampak negatifnya pada benak para penonton.

Dampak negatif televisi

Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton televisi, sama juga menghabiskan waktu berharga yang lebih bisa digunakan dalam kegiatan yang bermanfaat dan sehat seperti olahraga atau membaca. Hal ini juga akan membuang waktu yang anda untuk lebih dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. Ngobrol dengan orang yang dekat dengan anda dan menghabiskan waktu bersama mereka adalah menggunakan waktu yang berharga lebih baik daripada menghabiskan waktu dengan menonton TV.

Anak-anak saat menonton televisi selama berjam-jam, mereka menghabiskan waktu mereka untuk menonton program favorit mereka di TV. Pada saat mereka sibuk sampai lupa waktu untuk menonton film, hal ini akan menambah jam mereka. Kecanduan televisi membuat mereka kehilangan waktu untuk bermain. Anak-anak harus lebih terlibat dalam aktivitas fisik selama malam hari. Mereka harus pergi ke ruang terbuka untuk bermain dengan teman-teman atau menghabiskan waktu membaca buku. Selain itu, menonton televisi merugikan penglihatan seseorang.

dampak negatif televisi

dampak negatif televisi

Para peneliti mengklaim bahwa gangguan perhatian yang terjadi pada anak-anak adalah hasil dari menonton televisi keseharian yang panjang. Mereka mengatakan bahwa menonton televisi menyebabkan gangguan perkembangan, mempengaruhi bahwa kualitas otak yang berkontribusi terhadap kemampuan bahasa dan gramatikal. Anak-anak yang menonton televisi lebih sering daripada membaca buku akan menunjukkan kesulitan dalam memperhatikan atau berkonsentrasi. Anak-anak yang menghabiskan waktu berjam-jam dalam menonton televisi sangat rentan untuk mengalami gangguan perhatian.

>>  Aplikasi Mirip Instagram Sebagai Alternatif

Televisi adalah salah satu media efektif yang digunakan untuk mempromosikan semua jenis produk. Anak-anak yang menonton televisi tanpa pengawasan dapat menyebabkan salah tafsir terhadap hal-hal yang mungkin tidak mengerti. Iklan televisi juga dapat mempengaruhi anak-anak untuk melakukan tindakan yang tidak benar. Iklan tentang makanan cepat saji, minuman dingin atau produk lain yang tidak baik untuk kesehatan, terikat untuk memberikan dampak negatif pada anak-anak yang menontonnya. Iklan menarik yang disajikan dan cerita film sangat mempengaruhi pikiran anak, sehingga juga akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak.

Orang-orang yang rajin menonton televisi, terutama anak-anak dan remaja, mulai mengidentifikasi dengan apa yang ditampilkan di TV. Mereka berhubungan dengan acara televisi dan film sedemikian rupa dan mereka bosan hidup normal dan sederhana. Mereka mendambakan ketenaran dan kekayaan, mereka merindukan kehidupan seperti pada karakter TV favorit mereka. Hal ini dapat menyebabkan ketidakpuasan dan frustrasi. Seperti kehidupan nyata adalah kontras dengan kehidupan yang digambarkan di TV, pecandu TV seperti menjadi haus kekuasaan, uang dan status.

Studi dalam psikologi menunjukkan bahwa menonton televisi dengan rasa emosional yang intens memberikan dampak negatif jangka panjang pada pikiran seseorang. Adegan horor, kekerasan, pembunuhan, pertumpahan darah, adegan merangsang, dsb yang ditampilkan di televisi memiliki dampak negatif pada pikiran pemirsa yang menontonnya.

Televisi merupakan salah satu sarana rekreasi, tetapi penggunaan pada batas yang berlebihan dapat merugikan kesehatan fisik dan mental seseorang. Anda perlu menjaga keseimbangan dari segala sesuatu dalam hidup. Selalu ambil hikmahnya saja.

 
  Incoming Keywords: dampak negatif televisi, dampak buruk televisi, dampak negatif menonton tv bagi pelajar, dampak bahaya televisi, dampak negatif yang diakibatkan oleh televisi disebut, dampak negatif tv, Dampak negatif televisi terhadap kesehatan adalah, dampak negatif program televisi, dampak negatif menonton tv bagi anak, sisi negativ televisi

,

Comments are closed.