Tanda Sakit Liver Gangguan Hati

Tanda sakit liver beraneka ragam sehingga orang awam susah untuk menilainya. Hati memainkan peran penting dalam detoksifikasi, sebagai filter sirkulasi darah. Ini membantu memproduksi protein dan hormon. Penyakit liver sering didiagnosis pada stadium lanjut. Artikel ini akan membahas tanda sakit liver yang dapat berakibat fatal.

Hati adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang terletak di antara dada dan perut di bawah diafragma. Hati bertugas mengatur volume darah dan pembekuan darah. Hal ini memainkan peran penting dalam pemurnian darah dan berfungsi untuk memproduksi empedu dan lemak. Dengan demikian, secara langsung maupun tidak langsung membantu dalam imunisasi, gizi dan reproduksi. Biasanya, tanda-tanda masalah liver sulit untuk diketahui dan cenderung disalahartikan sebagai tanda-tanda beberapa penyakit lainnya. Oleh karena itu, penyakit liver sering digambarkan sebagai silent killer. Jika disfungsi liver terdeteksi pada tahap awal, pengobatan yang tepat dapat membantu memulihkan kesehatan hati. Jadi, setiap orang harus menyadari tanda-tanda masalah liver.

Tanda sakit liver

  1. Kuku yang melengkung dan keputihan kemungkinan menunjukkan adanya masalah liver.
  2. Kulit dan mata menjadi kuning, urin juga berwarna kuning gelap. Penyakit kuning adalah salah satu tanda sakit liver yang utama.
  3. Buang air besar tidak teratur, diare, urin kuning gelap dan tinja berwarna terang menunjukkan bahwa mungkin terdapat beberapa masalah pada hati.
  4. Rasa haus haus yang berlebihan dan buang air kecil yang berlebihan, mimisan dan mudah memar, lambatnya proses pembekuan darah menunjukkan adanya kelainan pada hati.
  5. Nyeri dada, sering sakit kepala, demam ringan, pusing, kejang, lekas marah, depresi, menunjukkan adanya masalah hati.
  6. Mual, kehilangan nafsu makan dan muntah yang mengakibatkan penurunan berat badan dan anemia adalah beberapa tanda-tanda awal disfungsi hati. Kadang-kadang, orang dengan gangguan fungsi hati menunjukkan gejala seperti sakit kepala, kebingungan, demam dan lemah.
  7. Nyeri perut, sakit waktu bernafas, benjolan pada perut, perut buncit, pembengkakan dan nyeri di bawah tulang rusuk kanan bawah menandakan adanya tanda sakit liver.

Penyalahgunaan alkohol meningkatkan kerentanan terhadap penyakit liver. Mereka yang tidak bisa berhenti minum alkohol memiliki resiko tinggi terkena sirosis. Hal ini mempengaruhi fungsi hati dan akhirnya mengarah pada gagal liver.

Seseorang yang menderita kanker hati dapat mengalami kulit gatal, luka gatal merah pada tubuh, mata gatal, insomnia, lekas marah, gejala ascites dan pengecilan otot karena produksi protein menurun. Akumulasi cairan di rongga perut dikenal sebagai ascites. Kadang-kadang pembuluh darah laba-laba-seperti biru atau hitam yang hadir pada kulit.

Seseorang dengan sirosis juga mungkin mengalami gejala di atas. Sirosis mempengaruhi aliran darah melalui hati yang akhirnya menyebabkan pembuluh darah membengkak di sekitar perut. Vena dapat dengan mudah pecah dan berdarah. Ketidakseimbangan dalam hormon seks karena disfungsi hati pada pria dapat menyebabkan payudara menjadi membesar. Koma hepatik atau ensefalopati adalah masalah lain dari sakit liver yang serius. Gangguan fungsi hati dapat menyebabkan akumulasi zat beracun dalam darah yang dapat mempengaruhi fungsi otak.

Pada intinya anda harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan perut atau pencernaan berulang. Depresi progresif atau lesu dan mudah lelah harus selalu dibicarakan dengan dokter. Sakit kepala berkepanjangan, sakit punggung, masalah kulit, alergi, iritasi, nafsu makan yang buruk tidak boleh diabaikan.

Gangguan penyakit liver sering didiagnosis ketika telah mencapai tahap akhir. Ada kemungkinan bahwa gejala gangguan liver salah didiagnosis. Anda harus membicarakan semua masalah anda dengan dokter selama pemeriksaan medis rutin. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika melihat salah satu tanda sakit liver di atas.

 
  Incoming Keywords: gejala gangguan fungsi hati, Gangguan fungsi hati, penyakit hati luka, gatal karena fungsi hati, gejala liver ringan, gangguan hati, perut buncit penyakit liver, gangguan fungsi hati ringan, gatal karena liver, pusing mual diafragma sakit mencret

, , , ,

Comments are closed.