Sakit Kepala Seperti Ditekan

Sakit kepala seperti ditekan biasanya terkait dengan masalah otot kencang dan tegang, bahkan bisa dikaitkan dengan masalah psikogenik. Berikut adalah beberapa penyebab kepala sakit seperti ditekan.

Tekanan pada kepala bisa disebabkan karena berbagai alasan. Rasa tertekan pada kepala ini bahkan bisa menjadi tanda peringatan dari penyakit tertentu. Jika rasa tertekan sering terjadi sehari-hari, maka seseorang yang terkena harus mencari bantuan medis untuk mendiagnosa.

Penyebab sakit kepala seperti ditekan

Lebih sering daripada tidak, rasa tertekan di kepala merupakan indikasi dari kondisi medis yang mendasari. Berikut adalah beberapa informasi tentang kondisi medis yang dapat menjadi penyebab kepala seperti ditekan.

Saraf leher terjepit
Saraf adalah bundel dari serat yang terdiri dari neuron. Saraf ini mengirimkan rangsang antara otak dan bagian tubuh lainnya sehingga menyampaikan informasi sensorik dan motorik ke wilayah yang tertentu. Salah satu hal yang tidak membuat nyaman jika salah satu saraf tersebut mengalami masalah seperti tertekan. Kejang otot, stenosis tulang belakang atau pengembangan taji tulang dapat menimbulkan saraf terjepit di leher. Saraf di leher dapat menimbulkan nyeri pada leher dan dasar tengkorak. Rasa sakit bahkan bisa memancar ke atas. Dampak dari ini bisa menyebabkan tekanan di kepala dan mungkin tidak dapat menggerakkan kepala dengan bebas.

Ketegangan pada kepala
Perasaan tertekan di kepala bisa menjadi gejala dari sakit kepala karena ketegangan. Seseorang dapat merasakan berat di bagian atas kepala. Rasa sakit ini berakar dari stres. Jika anda melalui sebuah fase yang penuh gejolak dalam kehidupan untuk waktu yang lama, anda mungkin dapat mengalami rasa seperti ini. Kecemasan, kurang tidur, jam makan yang buruk dan kelelahan juga dapat membuat rentan akan kondisi ini. Kepala, leher dan daerah bahu akan menjadi kaku. Kadang-kadang kondisi ini juga disertai dengan migrain.

Panik
Rasa sakit di kepala seperti ditekan dapat terjadi jika seseorang mengalami rasa panik. Ketika seseorang panik, otot menjadi kaku, kesemutan, kulit kepala kencang dan kepala terasa pusing. Orang yang menderita hipertensi juga bisa mengalami rasa seperti ditekan di bagian kepala.

>>  Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Fibromyalgia
Ini adalah sindrom yang ditandai dengan nyeri otot. Hal ini terjadi di dalam otot atau jaringan yang sangat sensitif karena bahan kimia tertentu, mungkin pada wajah. Daerah-daerah sensitif dapat menyebabkan iritasi pada saraf dan nyeri sehingga dapat menyebar ke daerah lain.

Peningkatan tekanan intrakranial
Peningkatan tekanan di dalam tengkorak juga dapat menyebabkan sakit kepala seperti ditekan. Kondisi itu dapat menimbulkan peningkatan tekanan dalam tengkorak termasuk tumor otak, meningitis, hidrosefalus, perdarahan otak.

Tips mengatasi sakit kepala seperti ditekan

Karena rasa sakit di kepala dapat disebabkan oleh berbagai kondisi medis, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosa secara tepat. Selain melakukan pemeriksaan dan menganalisis riwayat kesehatan pasien, tes tertentu seperti tes darah mungkin akan dilakukan untuk memastikan kondisi yang mendasarinya. Setelah dokter dapat menentukan kondisi medis yang mendasari, maka akan bisa menentukan pilihan pengobatan yang terbaik. Jika sakit kepala seperti ditekan disebabkan oleh stres, hipertensi atau kecemasan, anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mengubah pola hidup. Dianjurkan untuk melakukan teknik relaksasi seperti meditasi untuk menenangkan pikiran. Anda juga dapat mencoba pilihan pengobatan alternatif seperti terapi pijat atau aromaterapi.

Karena stres merupakan faktor penyebab utama nyeri atau tekanan di kepala, seseorang harus mengambil semua langkah yang diperlukan untuk tetap santai dan bebas stres.

 
  Incoming Keywords: kepala terasa berat, kepala terasa penuh, penyebab kepala terasa berat, sakit kepala bagian atas, sakit kepala atas, kpla sakit bgian atas kyk di tekan, kepala seperti ditekan, kepala nyeri di bagian atas, kulit kepala sakit saat rambut dipegang, kenapa kepala terasa tebal

, , , ,

Comments are closed.