Mengobati Tenggorokan Gatal

Mengobati tenggorokan gatal memang diperlukan untuk memulihkan tenggorokan yang terasa gatal dan menggangu. Gatal di tenggorokan menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut adalah daftar obat untuk mengobati tenggorokan gatal yang menjengkelkan.

Tenggorokan gatal adalah suatu kondisi yang dapat digambarkan sebagai iritasi pada tenggorokan, yang mungkin juga disertai dengan rasa sakit, pilek, kesulitan untuk makan, dan berbicara. Beberapa orang dapat mengalami sakit batuk dan gejala lainnya. Kondisi ini disebut sebagai sakit tenggorokan yang bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Tenggorokan gatal mungkin dapat reda dalam beberapa hari tanpa obat apa pun. Dalam hal tersebut, pengobatan alami akan terbukti efektif untuk meringankan gatal pada tenggorokan.

Penyebab tenggorokan gatal

Tenggorokan memiliki lapisan selaput lendir yang mengandung saraf. Dinding bagian dalam tenggorokan bersama dengan ujung saraf ditutupi dan dilindungi oleh lendir yang dihasilkan dari kelenjar kecil di selaput lendir. Lendir ini mengatur kelancaran arus makanan dan udara melalui bagian itu. Jika kelenjar lendir gagal menghasilkan cukup lendir, maka ujung saraf bisa terkena dan mengalami iritasi. Berikut ini adalah beberapa penyebab tenggorokan gatal:

Virus, infeksi bakteri atau jamur di tenggorokan, tenggorokan kering, alergi, asam lambung, dehidrasi, benda asing di tenggorokan, muntah terus menerus, iritasi, bernyanyi atau berbicara keras untuk waktu yang lama, infeksi pada paru-paru, kelebihan alkohol dan kafein, tumor di tenggorokan, kelenjar tiroid membesar.

Mengobati tenggorokan gatal



Tingkat keparahan pada gejala tenggorokan gatal merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih obat untuk tenggorokan gatal. Jika gejala sangat parah dan mengganggu kegiatan sehari-hari, mungkin terdapat alasan kesehatan yang mendasari, maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Jika kondisi ini terbilang ringan, anda mungkin dapat mencoba beberapa pengobatan alami seperti yang diberikan di bawah ini.

  1. Berkumur dengan air garam hangat adalah salah satu solusi untuk mengobati tenggorokan gatal. Tambahkan empat sendok makan garam dengan tiga gelas air hangat. Gunakan air untuk berkumur. Untuk hasil yang lebih baik, ulangi berkumur setiap dua sampai tiga jam.
  2. Siapkan jahe, teh, dan madu. Campur madu, teh, dan jahe dalam air panas. Minumlah sebelum tidur.
  3. Siapkan satu cangkir susu dicampur dengan satu sendok teh kunyit dan minum sebelum tidur. Ulangi ini selama tiga sampai empat hari untuk hasil terbaik. Anda juga bisa menambahkan jahe dan madu.
  4. Dehidrasi menjadi salah satu penyebab gatal-gatal di tenggorokan. Cairan menjaga tenggorokan menjadi basah dan ini akan membantu mengurangi tenggorokan kering.
>>  Mencegah Dahak Tenggorokan Berlebihan Setelah Makan

Selain obat tenggorokan gatal di atas, anda juga dapat memilih menggunakan obat tertentu seperti penghilang rasa sakit. Namun, jika kondisi tersebut terus berlangsung atau bahkan bertambah parah, konsultasikan dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang lebih tepat. Hal ini juga berlaku untuk mereka yang menderita gatal di tenggorokan karena alergi. Akan lebih baik untuk menghindari faktor-faktor seperti merokok berlebihan yang dapat memicu kondisi tersebut.

Singkatnya, tenggorokan gatal adalah suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari yang ringan sampai parah. Mereka dengan gejala yang parah harus mencari bantuan medis segera. Untuk mengatasi tenggorokan gatal ringan tanpa gejala tambahan, pengobatan biasa dipandang cukup. Jika gejala memburuk, segera hubungi dokter. Hal ini tidak dianjurkan untuk menggunakan obat dosis tinggi tanpa berkonsultasi dengan dokter sebelumnya.

 
  Incoming Keywords: obat gatal tenggorokan, cara menghilangkan batuk gatal di tenggorokan, cara mengobati tenggorokan gatal, mengobati tenggorokan gatal, cara mngobati tenggorokan gatal, cara mengatasi gatal di tenggorokan, cara mengobati batuk berlebih diakibatkan tenggorokkan gatal, caa menghilangkan gatal di tenggorokan karena batuk, cara mengubati tenggorokan yg gatal, menghilangkn gatal di tenggorokan

, , , ,

Comments are closed.