Pentingnya Berdoa dalam Kehidupan Sehari-hari

Apa pentingnya berdoa dalam kehidupan kita? Mengapa kita harus berdoa sehari-hari? Doa adalah alat komunikasi yang tidak hanya membawa kita lebih dekat kepada Tuhan, tetapi juga memberi kita kekuatan untuk mengatasi godaan dunia.

Doa bukanlah menyusun kata-kata yang panjang. Kebanyakan dari kita gagal untuk menyadari bagaimana berdoa yang benar. Kebanyakan dari kita hanya berpikir bahwa berdoa adalah sesuatu yang harus kita lakukan untuk menjadi baik, sementara yang lain melakukannya karena hal itu adalah sesuatu yang menjadi budaya keluarga. Kemudian lagi, beberapa orang berdoa ketika memerlukan sesuatu atau saat jatuh ke dalam situasi yang buruk. Bagaimanakah berdoa yang benar dan apa pentingnya berdoa dalam kehidupan sehari-hari?

Pengertian doa

Doa adalah ucapan dari dalam hati anda kepada Tuhan. Dalam istilah sederhana, berbicara dengan Tuhan disebut dengan berdoa. Berdoa berarti menyampaikan segala sesuatu dalam hati kepada Tuhan, meski kita tidak menyampaikannya, Tuhanpun telah tahu. Lalu, mengapa kita menganggap berdoa begitu rumit? Bagi kita yang berkata, “Saya tidak berdoa karena saya tidak tahu bagaimana harus berdoa”, dapat diartikan tidak memahami bahwa berdoa berarti menjadi diri sendiri dan berbicara kepada Tuhan dengan kejujuran dan ketulusan.

Berdoa bukanlah suatu tugas berat yang diselesaikan setiap hari, tetapi berdoa merupakan waktu yang menyenangkan, yang dapat dihabiskan bersama Tuhan. Suatu kehormatan untuk dapat berbicara dengan sang penguasa, untuk berbagi pikiran dan keinginan yang terdalam.

Pentingnya berdoa dalam kehidupan

Pentingnya berdoa
Dalam kehidupan sosial setiap hari berkomunikasi adalah hal penting, karena jika anda tidak berkomunikasi dengan orang lain atau satu sama lain, maka anda tidak akan pernah dapat mengetahui bagaimanakah orang tersebut. Demikian pula jika anda tidak berbicara kepada Tuhan, maka anda tidak pernah bisa mempelajari lebih lanjut tentang siapa Dia.

Pentingnya berdoa
Semakin banyak waktu yang anda habiskan dengan Tuhan, semakin banyak wajah anda akan bersinar dengan cahaya Allah. Semakin banyak sifat anda menyerupai sifat Allah yang penuh kasih, kebiasaan gaya hidup anda berubah. Anda tidak lagi hidup egois, tetapi akan dapat mencintai orang lain dengan hati yang tulus. Doa mengubah diri kita dari dalam yang akan tercermin ke luar.

Pentingnya berdoa
Hal ini penting untuk meminta perlindungan untuk keluarga anda sehari-hari. Berdoalah untuk orang tua, pasangan, dan anak-anak setiap hari. Selain itu, sebagai orang tua, tanggung jawab ada pada kita untuk membuat anak-anak sadar akan pentingnya doa. Anak-anak sangat rentan dan pilihan yang mereka buat selama mereka tumbuh akan membentuk masa depan mereka. Berdoalah untuk meminta perlindungan atas kehidupan anak.

Pentingnya berdoa
Aspek penting lainnya dari doa adalah syafaat. Tekunlah berdoa untuk orang di sekitar anda. Berdoalah bagi mereka untuk dapat membuat jalan terang dalam hidup mereka.

Jangan biarkan kecepatan globalisasi dunia ini menggerogoti kehidupan anda. Mulailah hari anda dengan doa sepanjang hari. Berdoalah setiap bangun tidur, sebelum bekerja, selama waktu luang, berdoa ketika anda cemas, dsb. Masih banyak hal yang terkait akan pentingnya berdoa. Namun intinya, berdoa adalah berbicara dengan Tuhan, dan tentu andapun tidak ingin hubungan antara anda dan Tuhan menjadi terputus.

,

Comments are closed.