Penyebab Nyeri di Belakang Mata

Nyeri di belakang mata dapat terjadi karena beberapa alasan tertentu. Artikel ini akan membantu dalam mengatasi masalah dan untuk mengetahui penyebab nyeri di belakang mata.

Infeksi mata, glaukoma, tumor, atau cedera pada mata dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam. Sakit di belakang mata seringkali dapat terjadi pada banyak orang. Namun, kebanyakan orang hanya mengeluh mengalami sakit di belakang salah satu mata. Rasa nyeri di belakang mata ini juga sampai ke bagian kepala dan ditandai dengan rasa berdenyut yang tiba-tiba, mulai dari belakang mata dan menuju ke kepala. Hal ini juga sering disebut dengan sakit kepala cluster karena dapat berlangsung terus-menerus selama beberapa jam atau mungkin seharian penuh. Namun, ada juga penyebab lain yang menyebabkan sakit di belakang mata, simak lebih lanjut.

Penyebab nyeri di belakang mata

Ketegangan otot
Salah satu penyebab sakit yang terjadi di belakang mata adalah karena adanya otot yang tegang. Rasa sakit yang berdenyut dan terasa seolah-olah ditarik sampai ke dahi. Hal ini biasanya disebabkan karena stres, kurang tidur, dan ketegangan mata. Sakit di belakang mata ini biasanya akan sembuh setelah mengambil istirahat yang cukup.

Masalah pada mata
Sakit di belakang mata juga dapat disebabkan karena beberapa masalah pada mata, diantaranya adalah sbb:

  • Silindris
    Orang yang menderita Silindris memiliki bentuk retina yang tidak teratur. Hal ini membuat benda yang dilihat dari sudut tertentu akan menjadi kabur.

  • Presbiopia
    Seiring dengan usia, lensa mata akan kehilangan fleksibilitas. Hal ini menjadi penyebab bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam melihat benda-benda yang lebih dekat dalam pandangan. Masalah lain karena presbiopia meliputi sakit mata dan sakit kepala.

  • Hyperopia
    Pada masalah mata ini, terdapat otot-otot mata yang lemah. Hal ini dapat memicu sakit kepala di belakang mata.



Migrain
Ada berbagai jenis migrain yang menyebabkan sakit di belakang mata. Migrain ophthalmoplegic menyebabkan sakit kepala yang dapat berlangsung berhari-hari bahkan sampai bulanan.

Sinusitis
Orang yang menderita sinusitis dapat juga mengalami rasa sakit di belakang mata. Infeksi sinus dapat menyebabkan nyeri di belakang mata yang dapat menyebar sampai ke wajah terutama pada tulang pipi.

>>  Penyebab Rabun Senja Beserta Gejala yang Terjadi

Sindrom inflamasi orbital
Ini adalah kondisi yang ditandai dengan adanya peradangan pada pinggiran mata yang menyebabkan sakit kepala. Rasa nyeri di belakang mata merupakan salah satu gejala yang menonjol dari sindrom ini.

Neuritis optik
Dalam kondisi ini, peradangan dapat menyebar sampai di dekat mata. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala yang parah dan dalam kasus tertentu penderita akan mengalami vertigo.

Kelumpuhan saraf kranial
Ini adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh pemotongan periodik suplai darah ke mata. Intensitas kondisi menjadi lebih parah akibat diabetes.

Sakit kepala Cluster
Selain dari yang dibahas di atas, ada berbagai jenis sakit kepala yang menyebabkan rasa sakit yang hebat pada nyeri di belakang satu sisi mata. Hal ini juga dapat disertai dengan rasa terbakar pada hidung dan dapat terjadi selama berminggu-minggu dan dikenal dengan sakit kepala clucter.

Tips mengatasi nyeri di belakang mata

Nyeri di belakang mata biasanya menghilang setelah masa istirahat atau dengan terapi sederhana. Anda juga bisa melakukan pijatan perlahan pada sisi kepala anda dengan posisi tubuh berbaring pada lantai.

Terapi pijat, akupunktur, dan resep obat-obatan akan memberikan bantuan bagi mereka yang menderita migrain. Dalam beberapa kasus, pemeriksaan pada gangguan penglihatan juga dapat membantu. Dalam kasus sakit kepala cluster, mencari bantuan medis merupakan pilihan yang disarankan. Jika sakit karena sinusitis, inhalasi uap dan minum obat yang diresepkan dapat mengurangi peradangan.

 
  Incoming Keywords: sakit belakang mata kanan, kenapa di dalam mata terasa sakit, mata nyeri, otot mata sakit, manfaat sakit dibelakang mata, kaedah urut mata terasa nyeri, nyeri pada mata, bola mata terasa sakit, biji mata denyut sakit, rasa pegal di mata

, , , ,

Comments are closed.