Sakit Perut Asam Lambung

Sakit perut asam lambung atau juga dikenal dengan penyakit asam lambung adalah sekresi yang diproduksi di perut, dan asam ini sebagian besar terdiri dari asam klorida, kalium klorida, dan natrium klorida. Keseimbangan keasaman lambung normal berkisar antara 1-2 ph. Sekresi ini sangat penting untuk proses pencernaan bagi perut untuk menggunakan asam lambung dalam memecah dan mencerna makanan yang kita konsumsi. Ketika sekresi asam lambung meningkat atau menurun dalam perut, hal itu mengarah ke berbagai masalah perut yang terkait.

Pada beberapa waktu, kita semua pernah mengalami sakit perut karena asam lambung. Melalui artikel tentang sakit perut asam lambung ini kita akan mengkaji lebih banyak tentang penyebab, gejala, dan pengobatan.

Sakit perut asam lambung

Perut memproduksi asam untuk memecah makanan dan membantu pencernaan. Ketidakseimbangan jumlah asam, kelebihan atau defisit, dapat menyebabkan masalah perut. Tingkat asam lambung yang lebih atau kurang akan memberikan ketidaknyamanan dan rasa terbakar pada perut, ulkus lambung, dan gastritis. Kadar asam dalam perut disebut dengan hypochlorhydria, sementara saat perut tidak menghasilkan asam, kondisi itu disebut achlorhydria.

Penyebab sakit perut karena asam lambung

Penyebab utama masalah asam lambung adalah kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk produksi asam dan penyerapan. Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan kekurangan gizi dalam tubuh kita. Konsumsi alkohol berlebihan juga menghambat sel-sel yang menghasilkan asam lambung, sedangkan stres juga berkontribusi dalam menurunkan atau meningkatkan produksi asam lambung. Keberadaan bakteri, helicobacter pylori menghambat kemampuan lambung untuk menghasilkan jumlah tepat dari asam lambung, sehingga sering menimbulkan penyakit asam refluks. Kapasitas produksi dari seseorang yang berusia 50 tahun hanya seperempat dibandingkan dengan seseorang yang berusia 20 tahun.

>>  Cara Mengatasi Sakit Maag

Gejala asam lambung

Tubuh kita segera bereaksi terhadap ketidakseimbangan asam lambung. Hal ini akan ditunjukkan dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Perut kembung, bersendawa, dan rasa terbakar setelah makan
  • Perasaan sesak pada dada
  • Sakit perut bersama dengan gangguan pencernaan, diare dan sembelit
  • Perasaan mual dan muntah
  • Rasa gelisah
Mengatasi sakit perut karena asam lambung

Masalah keasaman yang tidak diobati menyebabkan kerusakan pada lapisan perut, bahkan dapat menyebabkan kanker perut. Biasanya dokter menyarankan analisis yang komprehensif, uji asam lambung atau tes darah untuk mengukur tingkat keasaman lambung. Suplemen vitamin bersama dengan obat lain tergantung pada hasil tes. Beberapa pengobatan ringan berikut berguna untuk mengatasi sakit perut:

  • Makan makanan yang tinggi karbohidrat
  • Cobalah untuk mengurangi tingkat stres
  • Menghindari makanan berminyak dan basi
  • Minum banyak air dan jus segar
  • Menghindari alkohol dan minuman soda

Masalah asam lambung sangat membuat tidak nyaman, tetapi perubahan gaya hidup akan membantu seseorang untuk mengatasi masalah sakit perut asam lambung dengan baik, dan akan memastikan bahwa hal itu tidak berubah menjadi gangguan penyakit kronis.

 
  Incoming Keywords: Asam lambung cek darah, Kekurangan asam lambung, Kelemahan sakit perut, tes darah asam lambung

, ,

Comments are closed.