Penyebab Vertigo Apa Sajakah?

Penyebab vertigo telah diamati dapat terjadi karena beberapa alasan. Vertigo adalah suatu kondisi yang meliputi rasa pusing karena gangguan pada telinga bagian dalam. Kondisi ini adalah suatu gejala dan bukan merupakan suatu penyakit dan mempunyai beberapa penyebab. Ketika seseorang mengalami vertigo, dia akan merasa seolah-olah dirinya berputar-putar. Rasa pusing dapat terjadi dengan tiba-tiba, bisa datang dan pergi tak terduga, yang sering disertai dengan masalah keseimbangan, mual, dan muntah.

Vertigo biasanya disebabkan karena gangguan saraf dan struktur mekanisme keseimbangan, yang dikenal dengan sistem vestibular, untuk dapat merasakan posisi kepala dan gerakan tubuh. Kondisi ini hampir selalu disertai dengan gerakan tak terkendali dari mata, yang disebut nystagmus. Duduk atau bergerak dengan tiba-tiba dapat memperburuk kondisi ini.

Apa sajakah penyebab vertigo?

Ada beberapa penyebab vertigo, berikut di bawah ini adalah beberapa diantaranya:

Penyakit meniere
Kondisi ini melibatkan cairan berlebihan di telinga bagian dalam. Biasanya serangan mendadak vertigo dapat berlangsung selama setengah jam atau bahkan lebih lama. Selain pusing, beberapa gejala lainnya adalah penat pada telinga, tinnitus, rasa berdengung di telinga, dan kehilangan pendengaran sesaat.

Radang telinga
Gejala-gejala radang pada telinga bagian dalam yang juga dikenal dengan labyrinthitis atau neuronitis vestibular adalah vertigo yang dapat berlangsung selama beberapa hari, disertai dengan rasa mual dan muntah. Kondisi ini dapat melumpuhkan seseorang, dengan demikian memerlukan istirahat di tempat tidur untuk mengurangi gejalanya. Tipe vertigo jenis ini biasanya akan mereda dan menghilang dengan sendirinya. Meskipun belum tahu apa sajakah yang menyebabkan kondisi ini, diduga bahwa hal itu bisa disebabkan karena adanya infeksi virus.

Migrain vestibular
Mereka yang menderita gangguan kondisi ini sangat sensitif terhadap gerakan. Vertigo yang disebabkan dari migrain vestibular dapat terjadi dalam berbagai kondisi seperti waktu mengendarai kendaraan, berada di tempat yang ramai dan membingungkan, menggerakkan kepala terlalu cepat, menonton gerakan di televisi layar. Migrain vestibular dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan kehilangan keseimbangan. Pada kebanyakan pada orang yang mengalami kondisi ini, vertigo dan sakit kepala tidak selalu terjadi secara bersamaan. Sebaliknya, beberapa pemicu yang biasanya menyebabkan serangan migrain sebenarnya dapat menyebabkan vertigo, bukan sakit kepala.

>>  Apa Sebab Vertigo Menyerang Tiba-tiba

Benign paroxysmal positional vertigo
Hal ini berhubungan dengan perubahan posisi kepala. Vertigo sering terjadi ketika seseorang duduk di tempat tidur saat bangun di pagi hari, atau ketika berbaring di tempat tidur. Ini terjadi ketika otoconia atau kristal kalsium karbonat masuk ke daerah yang salah dari kanal di telinga dalam. Pergeseran ini menghasilkan rangsangan di telinga, sehingga menyebabkan sakit kepala vertigo. Ilmu kedokteran masih belum mengetahui penyebab hal ini, meskipun ada dugaan bahwa hal itu mungkin disebabkan karena kondisi usia.

Neuroma akustik
Ini adalah tumor jinak yang terjadi pada saraf akustik. Telinga bagian dalam terhubung ke otak melalui saraf akustik. Neuroma akustik dapat menyebabkan pusing, tinnitus, kehilangan pendengaran, dan kehilangan keseimbangan tubuh.

Beberapa penyebab vertigo yang lain bisa terjadi karena gangguan neurologis seperti pendarahan otak, sklerosis ganda, atau mungkin stroke. Kadang-kadang, vertigo juga dapat disebabkan oleh perubahan yang cepat dalam gerakan seperti pada waktu naik perahu, pesawat terbang, dan sebagainya.

, ,

Comments are closed.