Sakit Perut Kiri Bawah Pada Pria

Sakit perut kiri bawah pada pria dapat terjadi karena berbagai masalah kesehatan. Beberapa gangguan sistem pencernaan adalah hal yang mendasarinya. Sakit perut dalam arti luas mengacu pada rasa sakit yang berasal dari salah satu organ di dalam rongga perut. Sakit perut karena karena masalah kesehatan yang serius tidak boleh diabaikan.

Pada kaum pria, penyebab sakit perut sebelah kiri bawah relatif tidak berbahaya. Namun jika hal ini seringkali dan terus-menerus dialami, dalam keadaan seperti itu adalah sangat bijaksana untuk berkonsultasi dengan dokter, mengingat kemungkinan rasa sakit perut ini menjadi tanda beberapa masalah kesehatan yang tidak dapat dikesampingkan.

Penyebab sakit perut kiri bawah

Dalam sebagian besar kasus, orang yang menderita sakit perut tidak mampu mendeteksi di mana tepatnya rasa sakitsakit perut itu berasal. Hal ini sangat mungkin terjadi bahwa nyeri disebabkan sebagai hasil dari beberapa kerusakan yang terjadi pada organ tertentu yang terletak di dalam rongga perut. Sementara itu orang mungkin menyimpulkan bahwa sakit tersebut berasal dari beberapa organ lainnya. Sangat sulit untuk mendiagnosa penyebab yang tepat dari sakit perut di sebelah kiri bawah, kecuali jika disertai dengan gejala lain.

Divertikulitis
Divertikulitis adalah infeksi yang disebabkan karena pembentukan divertikula dalam saluran pencernaan. Divertikula pada dasarnya berupa kantong kecil yang terbentuk di berbagai bagian dari sistem pencernaan, sering terdapat di usus besar. Orang yang menderita kondisi ini juga dapat mengalami nyeri di perut kiri bawah dan perut kembung.

Kanker usus besar
Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat merupakan gejala kanker usus besar. Colon, bagian dari usus besar, terletak di bagian bawah dari sistem pencernaan. Dalam hal ini, rasa sakit akan disertai seperti pendarahan dubur, kelelahan, perut yang terasa sakit.

Batu ginjal
Salah satu penyebab yang paling menonjol dari sakit perut kiri bawah kronis adalah adanya batu ginjal. Rasa sakit menjalar ke arah sisi dan perut bagian bawah. Dalam hal ini, rasa sakit ini dapat berlalu jika batu-batu ini keluar dari tubuh.

Infeksi ginjal
Selain batu ginjal, sakit pada perut kiri bawah ini juga dapat dikaitkan dengan infeksi ginjal. Selain sakit perut, infeksi ginjal juga ditandai dengan sering buang air kecil, panas terbakar saat kencing, hematuria, dsb.

Sistitis
Sistitis pada dasarnya adalah gangguan saluran kemih yang biasanya ditandai dengan peradangan pada kandung kemih akibat infeksi bakteri. Selain sakit parah pada perut bagian bawah, gejala dari kondisi ini termasuk sering ingin buang air kecil, rasa terbakar pada saluran kemih, dan sakit di daerah pinggul.

Penyakit radang usus
Penyakit radang usus juga dapat memicu nyeri di daerah kiri bawah perut. Pada kenyataannya, nyeri perut merupakan salah satu gejala awal. Dalam kasus gangguan radang usus, rasa sakit sering disertai dengan diare, muntah, pendarahan dubur.

Sakit perut kiri bawah

Selain dari semua kondisi ini, mereka yang menderita pembesaran prostat juga rentan terhadap infeksi bakteri pada saluran kemih, yang dapat memicu rasa sakit perut kiri bawah. Meskipun infeksi kandung kemih lebih sering terjadi pada wanita, infeksi pada pria tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Kondisi lain yang menjadi penyebab perut kiri bawah sakit adalah seperti keracunan makanan atau sembelit.

>>  Sakit Perut Sebelah Kanan

Dalam proses diagnosis oleh dokter, gejala sakit, riwayat kesehatan pasien, dan gaya hidup akan dipertimbangkan. Beberapa penyebab sakit perut kiri bawah dapat diobati dengan antibiotik. Jika rasa sakit berlanjut untuk waktu yang lama, anda harus segera mencari bantuan medis agar kondisi lebih cepat didiagnosis dan lebih cepat untuk diobati.

 
  Incoming Keywords: sakit perut sebelah kiri pada pria, sakit perut sebelah kiri, perut sebelah kiri sakit, sakit pada bagian bawah perut sebelah kiri, nyeri perut sebelah kiri, sakit perut bawah kiri, penyebab sakit perut sebelah kiri pada pria, sakit perut sebelah kiri bawah pada pria, perut sebelah kiri nyeri, sakit perut kiri samping jika kecapean bagi laki laki

, , , ,

Comments are closed.