Penyakit Perut Pada Anak

Sebagian besar penyakit perut yang terjadi pada anak-anak disebabkan karena sembelit, gangguan pencernaan, dan diare. Hal ini akan diuraikan dalam artikel kesehatan di bawah ini.

Perut adalah salah satu organ paling vital yang membantu untuk mencerna makanan. Kebiasaan makan makanan tidak sehat yang sering terlihat pada anak-anak, dapat menyebabkan masalah perut. Namun, infeksi virus yang disebabkan karena makanan juga dapat menyebabkan masalah perut pada anak-anak. Minum air yang terkontaminasi dapat menjadi alasan lain yang menyebabkan sakit perut. Sakit perut karena gangguan pencernaan atau flu perut bukanlah masalah yang terlalu serius meski mungkin akan memerlukan kunjungan ke dokter. Penyebab lain dari penyakit perut pada anak dibahas di bawah ini.

Penyakit perut pada anak

Sembelit
Sembelit, ditandai dengan tinja kering dan keras, yang merupakan salah satu masalah perut yang disebabkan karena pola yang tidak sehat. Usus adalah sumber yang menyebabkan rasa sakit pada anak yang menderita sembelit. Pada kebanyakan kasus, kondisi ini tidak serius dan dapat terjadi ketika asupan cairan menurun. Minum banyak air dilengkapi dengan makanan yang tinggi kandungan serat akan membuat tinja menjadi lunak dan besar. Obat pencahar harus diberikan hanya setelah berkonsultasi dokter.

Diare
Ini adalah penyakit perut yang sering terjadi pada anak-anak dan sering kali bukanlah penyakit yang sangat berbahaya. Dalam kondisi ini, anak mengeluarkan tinja berair dan frekuensi buang air besar yang meningkat. Dengan kata lain, anak dapat pergi ke toilet 5 sampai 10 kali dalam sehari bahkan lebih. Diare dan infeksi virus dapat menyebabkan sakit perut yang menyebabkan buang air besar keseringan. Dalam kebanyakan kasus, diare pada anak tidak berlangsung lama, dan dalam waktu seminggu kondisi ini menghilang tanpa pengobatan. Diare menyebabkan dehidrasi, oleh karena itu sangat penting bagi anak untuk meminum banyak air dan cairan pengganti lainnya.

>>  Infeksi Perut oleh Bakteri

Infeksi parasit
Infeksi lambung atau flu perut dapat terjadi pada anak-anak ketika parasit seperti cacing pita dan cacing kremi menyerang tubuh dan menyebabkan perut kembung. Organ yang sering terkena adalah usus karena mereka bertelur dan tumbuh dalam jumlah besar pada organ vital ini. Parasit usus mendapatkan nutrisi dari makanan yang dicerna, sehingga merampas mineral penting dan vitamin. Infeksi parasit pada anak-anak sering menyebabkan sakit perut disertai diare dengan bau yang busuk.

Penyakit inflamasi usus
Kondisi ini menyebabkan perkembangan ulkus di lapisan dalam usus besar. Penyakit ini pada anak ditandai dengan peradangan usus besar, diikuti oleh kram perut dan diare. Ketika kondisi menjadi parah, akan terdapat darah dalam tinja.

Apendisitis
Appendisitis adalah istilah yang mengacu pada radang usus buntu. Seperti yang kita ketahui, usus buntu adalah sebuah tabung sepanjang 3-4 inci. Usus ini sebenarnya adalah perpanjangan dari usus besar yang meradang akibat infeksi. Usus buntu menyebabkan sakit perut yang sangat sakit. Apendisitis membutuhkan perhatian medis dengan segera dan operasi dapat dilakukan untuk mengobatinya.

Masalah kesehatan pada anak-anak tersebut juga dapat dicegah dengan mencuci tangan sebelum makan. Hal ini karena tangan yang kotor merupakan sumber infeksi bakteri yang dapat menyebabkan penyakit perut. Konsumsi makanan dan minum air yang bersih juga dapat mencegah penyakit perut.

, , ,

Comments are closed.