Penyebab Uban Rambut

Penyebab uban rambut dapat terjadi dikarenakan faktor usia. Namun, uban rambut juga dapat muncul di waktu masih muda. Dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa penyebab uban rambut.

Warna rambut atau pigmentasi ditentukan oleh dua jenis melanin, yaitu eumelanin dan pheomelanin. Tingkat eumelanin memberi warna coklat pada rambut atau hitam gelap, sementara pheomelanin memberikan warna uban rambut dinikuning, merah, coklat pada rambut. Jenis warna rambut biasanya tergantung pada etnisitas seorang individu. Orang keturunan asia biasanya memiliki rambut coklat atau hitam gelap, sementara orang kulit putih memiliki rambut pirang, coklat, dan merah. Tingkat pigmen melanin dapat berubah-ubah yang juga dapat mengubah warna rambut. Seringkali orang asia mengalami rambut beruban di akhir usia 30-an, sementara orang kulit putih mengalami rambut ubanan pada pertengahan usia 30-an. Di sisi lain, orang-orang afrika mungkin tidak mengalami rambut beruban sampai di usia pertengahan 40-an. Akan tetapi, munculnya uban rambut dapat menjadi gejala dari beberapa kondisi kesehatan.

Penyebab uban rambut

  1. Efek penuaan
    Rambut beruban biasanya dianggap sebagai tanda penuaan. Seiring bertambahnya usia, produksi melanin di akar rambut berkurang, dan sejumlah besar rambut dapat tumbuh tanpa pigmen. Melanin diproduksi oleh sel-sel induk yang disebut melanosit, yang terletak di dasar folikel rambut. Ketika sel-sel mulai mati saat penuaan, produksi melanin akan terganggu. Namun, usia di mana seseorang akan mengalami rambut beruban tergantung pada genetika, seperti yang diwariskan dari orang tua mereka.
  2. Faktor genetik
    Uban rambut di usia dini tergantung pada faktor keturunan. Jika salah satu atau kedua orang tua pernah mengalami uban rambut prematur, maka anda juga akan menghadapi masalah ini di usia muda. Seringkali beberapa orang dilahirkan dengan uban rambut karena faktor genetik. Kelainan genetik tersebut dikenal dengan albinisme, seseorang yang lahir dengan rambut beruban karena sangat sedikit pigmen pada rambut.

  3. Kekurangan vitamin
    Terlepas dari penuaan dan faktor genetik, warna rambut bisa berubah karena kekurangan vitamin tertentu. Kekurangan vitamin B12 dapat dianggap sebagai salah satu penyebab rambut beruban prematur. Dalam kondisi seperti itu, mengkonsumsi suplemen vitamin B12 atau makanan yang kaya vitamin ini dapat mencegah beruban lebih lanjut.
  4. Gangguan tiroid
    Gangguan tiroid seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme juga dapat terwujud dalam uban prematur, bersama dengan banyak gejala lainnya. Rambut bisa menjadi sangat kering dan rapuh karena masalah tiroid.
  5. Vitiligo
    Vitiligo adalah suatu kondisi yang ditandai dengan perusakan sel yang memproduksi melanin, yang dapat disebabkan oleh autoimun, genetik, serta beberapa faktor lingkungan. Penghancuran sel yang memproduksi melanin menyebabkan perkembangan bercak putih pada kulit dan rambut.
  6. Stres dan kecemasan
    Stres memang dapat menyebabkan banyak sekali masalah kesehatan termasuk rambut beruban prematur. Hal ini karena stres dan kecemasan dapat mempengaruhi produksi melanin.
  7. Anemia pernisiosa
    Ini adalah kondisi autoimun, di mana antibodi yang diproduksi oleh sistem kekebalan tubuh menyerang beberapa sel lambung tertentu, yang mengganggu penyerapan vitamin B12. Defisiensi vitamin B12 menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah, yang dapat membuat berbagai gejala termasuk rambut ubanan di usia dini.


Terlepas dari penyebab rambut memutih lebih cepat yang disebutkan di atas, penyebab uban rambut dapat dikaitkan dengan berbagai kondisi lain seperti penggunaan bahan kimia pada rambut yang berlebihan, polusi, dan merokok. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menentukan dan mengatasi penyebab rambut uban prematur. Pada saat yang sama, pola makan seimbang, berolahraga secara teratur untuk mengelola tingkat stres, perawatan rambut yang tepat dan menghindari kebiasaan seperti merokok terbukti bermanfaat untuk mengendalikan kondisi rambut beruban di usia dini.

, ,

Comments are closed.