Cara Mengatasi Uban Rambut

Cara mengatasi uban rambut berikut mungkin akan sangat berguna bagi anda yang ingin menghilangkan uban rambut. Rambut beruban menjadi tanda yang paling menonjol karena efek penuaan. Namun, saat ini banyak kawula muda yang menghadapi masalah ini karena penyebab uban yang bervariasi.

Kondisi tingkat polusi yang semakin meningkat dapat menjadi penyebab rambut ubanan secara prematur. Hal ini dianggap sebagai fakta yang mempengaruhi tingkat kepercayaan dari orang muda hingga batas tertentu. Rambut yang mulai beruban menunjukkan tingkat usia yang bertambah sehingga makin nampak tua.

Ada banyak produk yang membuat klaim palsu dengan menyatakan dapat menyembuhkan uban rambut dalam beberapa hari. Meskipun banyak obat alami untuk mengatasi uban rambut yang tersedia, obat uban herbal untuk menggelapkan rambut uban dan pewarna rambut alami untuk rambut ubanan, adalah metode sementara yang harus dilakukan secara berulang-ulang. Cara terbaik untuk mengatasi uban rambut adalah penting untuk memahami penyebab uban rambut dan menemukan solusi masalah sejak awal.

Struktur rambut

Komponen utama rambut adalah protein yang disebut keratin. Setiap helai rambut memiliki tiga lapisan yaitu medulla, korteks, dan kutikula. Melanin bertugas pada warna rambut pada korteks. Ada dua jenis melanin yaitu uban rambuteumelanin dan pheomelanin. Pheomelanin membuat rambut merah sedangkan eumelanin membuat rambut hitam atau coklat. Eumelanin akan membuat rambut menjadi hitam dan saat kekurangan eumelanin akan menghasilkan rambut uban. Phaeomelanin yang ada pada rambut manusia terdiri dari berbagai kuantitas. Ketika produksi melanin berkurang atau berhenti, rambut berubah menjadi putih atau ubanan.

Cara mengatasi uban rambut dengan mencegah

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah terkenal ini sangat bijaksana dan berlaku juga untuk mencegah rambut yang mulai memutih. Ada banyak cara untuk mengatasi rambut beruban, namun lebih baik untuk mencegah rambut beruban.

Folikel rambut akan berhenti memproduksi minyak karena kekurangan vitamin dan nutrisi yang akan mengubah rambut menjadi beruban. Vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut harus dimasukkan dalam makakan dalam jumlah yang cukup.

Vitamin B12
Rambut dapat beruban karena kurangnya jumlah yang tepat dari vitamin B12. Vitamin B12 dapat ditemukan pada daging, unggas, ikan, telur, dan produk susu. Mengkonsumsi gandum, kedelai, sayuran, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang kaya vitamin B12 akan dapat mencegah rambut beruban.

>>  Menggunakan Minyak Kelapa untuk Rambut

Asam folat
Produk daging seperti hati, ayam, ginjal, kuning telur, kacang-kacangan seperti kedelai, almond, kacang polong, produk tepung seperti roti, kentang, ubi jalar, dan buah-buahan dan sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, asparagus, pisang, jeruk dan buah persik merupakan sumber yang sangat baik dari asam folat yang penting untuk mencegah rambut beruban.

Yodium dan Protein
Rendahnya tingkat hormon tiroid mempengaruhi pertumbuhan folikel rambut manusia dan menyebabkan rambut beruban. Untuk mempertahankan tingkat tiroid, makanan yang kaya akan yodium, protein, tembaga, dan seng harus dimasukkan dalam menu makan. Garam beryodium, buah-buahan, daging, unggas, makanan laut, dan produk susu merupakan bagian dari menu makan harian untuk menjaga tingkat yodium yang memadai dan tingkat protein di dalam tubuh.

Zat Besi
Daging, sayuran hijau, dan beras bermanfaat untuk rambut. Konsumsi kopi dan teh harus dibatasi karena dapat menghambat keefektifan dari nutrisi.

Fenomena lain yang dapat menyebabkan rambut beruban adalah hipertensi. Orang stres cenderung memiliki lebih banyak rambut beruban. Bahkan, stres dapat menyebabkan rambut beruban dalam semalam. Terlalu sering marah dan depresi akut juga dapat menyebabkan uban rambut. Satu-satunya solusi untuk semua ini adalah rutin berolahraga dan yoga. Yoga dan olahraga teratur mampu bekerja dengan baik untuk menghilangkan stres. Jika tingkat stres menjadi parah, konsultasi dengan psikiater akan sangat membantu.

Rokok juga dapat membuat rambut beruban sebelum waktunya. Hal ini disarankan untuk meminimalkan atau berhenti merokok dalam mencegah rambut beruban. Konsumsi obat kuat juga dapat menyebabkan rambut menjadi beruban prematur. Akan selalu lebih baik untuk mengkonsumsi obat-obatan atas izin dokter. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melepaskan stres secara langsung seperti melakukan pernafasan dengan irama teratur, menjaga postur tubuh yang baik saat duduk, berdiri atau berbaring, mendengarkan musik yang menenangkan. Anda perlu menerapkan pola hidup sehat. Setelah semuanya ini terpenuhi, rambut beruban tidak akan pernah datang pada usia muda.

 
  Incoming Keywords: Kuning telor mencegah uban

,

Comments are closed.