Penyebab Tensi Naik Turun

Penyebab tensi naik turun dapat terjadi karena beberapa masalah kesehatan, akan tetapi tidak semuanya selalu karena masalah yang serius. Artikel kesehatan tentang tekanan darah ini akan memberikan beberapa informasi yang relevan tentang penyebab tekanan darah naik turun.

Jantung memompa darah yang akan disalurkan ke berbagai bagian tubuh. Karena adanya jantung yang memompa, darah memberikan suatu jumlah tekanan tertentu pada dinding pembuluh darah. Sistolik dan diastolik adalah dua bentuk yang berbeda dari tekanan darah. Tekanan sistolik adalah salah satu tekanan darah saat jantung berdetak. Sedangkan tekanan diastolik adalah saat jantung beristirahat di antara dua ketukan. Fluktuasi ringan sekitar 10 persen benar-benar normal. Jika terdapat fluktuasi pada tekanan darah sekitar 25 hingga 30 persen sesekali, maka anda juga tidak perlu khawatir akan hal itu. Kondisi ini tidak memiliki efek buruk pada salah satu fungsi metabolisme tubuh. Namun, jika kondisi tersebut menjadi masalah kronis, hal ini akan menjadi masalah medis yang perlu diperhatikan.

Penyebab tensi naik turun

Naik turunnya tekanan darah disebabkan karena banyak hal. Ketika tensi naik pada sisi yang lebih tinggi, hal ini berarti jantung berusaha keras untuk memompa keluar darah. Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya adalah sebagai berikut:

Hipertensi
Salah satu penyebab utama di balik fluktuasi adalah hipertensi. Hal ini bisa terjadi karena penyakit jantung yang tidak terdiagnosis. Kondisi medis lain seperti penyakit ginjal, masalah hormon, kehamilan dapat menyebabkan hipertensi.

Makanan dan Minuman
Makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan tensi secara tiba-tiba. Orang-orang yang sensitif terhadap garam mungkin akan mengalami kenaikan tekanan darah setelah mereka mengkonsumsi makanan asin. Jika hal itu terjadi secara teratur, maka perubahan pada pola makan sangat diperlukan. Kafein yang dapat menjadi perangsang cenderung menyebabkan tensi naik karena dapat membuat pembuluh darah mengalami penyempitan.

Stres
Stres adalah satu penyebab fluktuasi tensi. Telah diketemukan bahwa 70% manusia tidak bisa menjaga tekanan darah normal mereka, hanya karena mereka gagal memanajemen tingkat stres mereka.

Efek samping obat
Ada beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan kondisi tensi naik. Ini termasuk pil KB, obat-obatan penghilang rasa sakit, antidepresan, obat pilek, dsb. Obat-obatan terlarang juga memiliki efek buruk terhadap tekanan darah.

Ketika tekanan darah berfluktuasi terhadap sisi bawah, hal itu bisa disebabkan karena volume darah rendah atau jantung tidak dapat memompa cepat. Beberapa penyebabnya adalah:

  • Dehidrasi yang parah di mana tubuh kehilangan cairan dalam jumlah besar.
  • Kehilangan banyak darah akibat perdarahan dari cedera yang menyebabkannya. Hal ini bisa disebabkan baik cedera internal maupun eksternal.
  • Kekurangan gizi dan vitamin penting seperti vitamin B dan vitamin B12 dapat menurunkan produksi sel darah merah. Akibatnya, tidak adanya cukup darah dalam sistem peredaran darah yang kemudian menghasilkan tekanan darah rendah.
  • Seseorang yang terkena infeksi dapat menyebabkan tensi turun. Hal ini terjadi karena patogen mencoba untuk memasuki aliran darah.
>>  Dampak Buruk Kekurangan Oksigen dalam Darah

Mengatasi tensi naik turun

Pada tahap awal, fluktuasi tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala yang terlihat termasuk sakit kepala dan vertigo. Gejala yang lain adalah rasa lemah, pusing ketika berdiri, ringan, mual, dsb. Ini semua adalah gejala umum dan tidak dapat menentukan masalah yang spesifik. Jika anda memonitor tekanan darah di rumah dan anda merasa tensi anda mengalami perubahan, setidaknya tiga kali sehari pada tiga waktu yang berbeda, maka anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Dokter akan mencoba untuk mengidentifikasi penyebab yang mendasari dan kemudian memulai pengobatan. Mereka yang memiliki masalah kesehatan lainnya akan diberikan pengobatan yang tepat untuk kondisi tertentu. Jika tensi seseorang naik di atas level normal, maka dokter biasanya menyarankan pasien untuk mengikuti diet yang rendah sodium dan tinggi serat. Di sisi lain, jika turun di bawah normal maka disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, vitamin C, dan vitamin B-kompleks.

Terdapat alasan non medis yang dapat menyebabkan naik turunnya tensi. Aktivitas fisik seperti lari, perasaan emosi, dan paparan suhu yang sangat tinggi ataupun rendah adalah beberapa penyebab. Dalam kondisi seperti itu, jika anda beristirahat dan rileks sejenak, maka tensi akan menjadi normal dengan sendirinya. Untuk menghindari komplikasi yang serius periksalah tensi anda secara teratur.

 
  Incoming Keywords: Apa darah rendah bisa tensi naik atau gak normal, tensi naik

, , , ,

Comments are closed.