Penyebab Mata Sensitif Terhadap Cahaya

Beberapa penyakit mata seperti achromatopsia, buphthalmos, katarak, konjungtiva, uveitis dan ablasi retina adalah beberapa kondisi medis yang mengakibatkan mata menjadi sensitif terhadap cahaya. Mata mulai sensitif terhadap cahaya ditandai dengan sensitivitas tinggi terhadap semua bentuk cahaya, termasuk dari sinar matahari. Kondisi ini digambarkan dengan istilah fotofobia. Terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan sensitivitas mata terhadap cahaya.

Penyebab mata sensitif terhadap cahaya

Ada banyak faktor yang dapat membuat mata sensitif terhadap cahaya. Beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebab untuk mata sensitif terhadap cahaya adalah sebagai berikut.

Achromatopsia
Achromatopsia adalah kelainan genetik dari mata yang terjadi karena kurangnya visi kerucut. Visi kerucut adalah jenis visi yang dihasilkan oleh fotoreseptor kerucut di retina. Dalam kondisi normal, ada sekitar 5-6 juta fotoreseptor kerucut, yang sebagain besar terletak di pusat retina. Penderita achromatopsia harus bergantung pada fotoreseptor batang mereka. Mereka menderita cacat mata bawaan dari persepsi warna, yang sering dikaitkan dengan nistagmus dan mengurangi ketajaman visual. Hal ini menyebabkan mata menjadi sensitif terhadap sinar matahari. Achromatopsia juga dikenal dengan istilah visi achromatic dan monochromatism.

Buphthalmos
Buphthalmos digambarkan sebagai sifat resesif autosomal. Hal ini melibatkan sudut sempit abnormal antara kornea dan iris. KOndisi ini menghambat aliran aqueous yang  menyebabkan peningkatan tekanan intraokular dan pembesaran pada bola mata. Para penderita buphthalmos menunjukkan peningkatan tekanan intraokular dan mata sangat sensitif terhadap angin dan cahaya.

Katarak
Katarak merupakan kekeruhan yang berkembang pada lensa mata. Ini menghalangi bagian cahaya melalui mata. Katarak ibarat lensa kamera yang diolesi oleh minyak. Ada beberapa alasan di balik terjadinya katarak. Beberapa penyebab katarak adalah diabetes, trauma, dan penuaan. Gejala katarak yang lain termasuk penglihatan kabur, sensitivitas yang tidak biasa terhadap cahaya dan silau.

Konjungtivitis
Konjungtiva adalah membran tipis yang melapisi permukaan dalam kelopak mata dan permukaan luar mata. Peradangan konjungtiva secara medis disebut konjungtivitis. Beberapa gejalanyaa adalah mata merah, gatal, dan rasa seperti terkena pasir pada mata. Semua gejala ini biasanya disertai dengan keluarnya cairan dari mata yang membentuk kerak di malam hari. Konjungtivitis seringkali terjadi karena disebabkan oleh alergi atau infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Dengan demikian, konjungtivitis dapat menjadi salah satu penyebab mata sensitif terhadap cahaya.

>>  Tips Mengatasi Mata Merah

Ablasi retina
Gangguan mata ini ditandai dengan retina yang terkelupas dari lapisan yang mendasarinya. Ablasi retina mengakibatkan kehilangan penglihatan dan kebutaan total. Oleh karena itu, ablasi retina adalah keadaan yang gawat. Ablasi retina sering menunjukkan tanda-tanda yang jelas seperti terlihat bintik-bintik pada penglihatan, yang terlihat seperti mengapung di depan mata penderita. Dalam hal ini, penglihatan menjadi kabur dan meningkatkan sensitivitas mata terhadap cahaya.

Uveitis
Ada tiga lapisan konsentris yang membentuk mata. Lapisan tengah, yang masih terjepit di antara retina dan sclera, disebut uvea. Kondisi uvea yang meradang disebut uveitis. Alasan sebenarnya di balik penyebab uveitis masih belum diketahui. Hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi, cedera, dan gangguan autoimun. Gejala uveitis ditandai dengan kemerahan dan nyeri pada mata.

Kondisi mata sensitif terhadap cahaya dapat disembuhkan dengan mengatasi dari penyebab yang mendasarinya. Setelah faktor yang menjadi penyebab ditemukan maka harus ditangani dengan baik, hingga peningkatan sensitivitas mata terhadap cahaya dapat menghilang.

 
  Incoming Keywords: cara mengatasi mata berair ketika melihat cahaya, cara mengatasi mata sensitif terhadap cahaya, cara mengobati mata sensitif cahaya, mata sensitif sama cahaya, mata tidak tahan dengan pancaran sinar matahari, penyebab mata terkena matahari sakit

, ,

Comments are closed.