Penyakit Katarak

Katarak adalah suatu kondisi dimana lensa mata berawan yang menyebabkan gangguan dalam penglihatan. Banyak orang di seluruh dunia terkena katarak, yang merupakan salah satu hal yang menjadi penyebab kebutaan. Ini adalah suatu kondisi di mana terdapat daerah pada lensa mata yang mengalami keburaman. Pada umumnya orang dewasa yang telah melewati 40 tahun menghadapi masalah katarak. Penuaan, paparan sinar matahari, merokok berlebihan, beberapa masalah dan penyakit yang berkaitan dengan mata atau penyakit metabolik seperti diabetes, gizi yang buruk, dan efek penggunaan obat adalah beberapa kemungkinan penyebab katarak. Seiring dengan penyebab katarak, riwayat keluarga juga memainkan peran penting.

Mata kita bekerja seperti kamera yang berfungsi menangkap gambar dari dunia luar dan mengirimkannya ke otak kita sehingga kita dapat berinteraksi dengan lingkungan di sekitar. Jika lensa kamera tergores atau tertutup oleh kotoran maka dalam hal ini gambar yang diambil tidak akan cukup jelas atau kita tidak akan mengidentifikasi gambar dengan jelas. Demikian pula dengan katarak, jika mata kita terkena katarak, kita tidak akan bisa melihat apa-apa dengan jelas. Hal ini akan menyebabkan masalah dan akan menghambat aktivitas sehari-hari.

Gejala katarak

Katarak umumnya mulai berkembang tanpa rasa sakit di mata dan perlahan-lahan menyebabkan gangguan penglihatan dengan peningkatan keburaman. Gejala-gejala umum katarak adalah penglihatan berawan atau buram yang dihasilkan dari daerah yang berawan dan keruh dalam lensa mata, orang menghadapi kesulitan saat membaca sebagai perkembangan katarak, masalah yang dihadapi ketika cahaya terang, penglihatan warna yang memburuk, dan juga penglihatan pada malam hari yang memburuk.

Jika anda menemukan salah satu gejala seperti tertera di atas, maka anda perlu mengunjungi dokter mata. Diagnosis akan diperlukan untuk pemeriksaan katarak mata anda. Terdapat variasi dalam katarak ditemukan pada setiap orang, beberapa orang mengembangkan area buram sedangkan pada beberapa orang hal itu hanya dalam tahap berkembang dimana bisa dihilangkan. Ada obat yang dikenal dapat membantu mencegah katarak, namun cara terbaik untuk mengobati katarak adalah lewat operasi. Menurut beberapa penelitian, vitamin C dan E dapat membantu dalam mencegah resiko terkena katarak.

>>  Penyebab Mata Merah Gatal

Operasi katarak

Operasi untuk menghilangkan katarak umumnya dilakukan setelah daerah berawan menjadi matang pada tingkat tertentu yaitu ketika menjadi padat dan pasien tidak dapat melihat apa-apa dengan jelas bahkan dengan kacamata untuk melakukan aktivitasnya. Jika katarak tidak banyak mengganggu, hal itu tidak dihapus sampai tidak matang. Biasanya, operasi katarak meliputi dari mengganti lensa mata dengan lensa buatan.

Operasi katarak untuk sebagian besar pasien memiliki risiko yang sangat rendah dan lebih sedikit komplikasi. Pasien setelah operasi dapat melihat lebih jelas. Mereka tidak perlu kacamata untuk melihat hal-hal pada jarak jauh ataupun pendek.

Ada beberapa langkah yang bisa kita ikuti untuk mencegah katarak. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mata kita. Ambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengontrol penyakit yang berhubungan dengan katarak. Merokok dan paparan zat beracun juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit katarak. Pakailah kacamata hitam ketika anda pergi di siang hari untuk mengurangi paparan sinar matahari.

 
  Incoming Keywords: mengidentifikasi penyakit katarak

,

Comments are closed.