Daftar Hewan Paling Cerdas di Dunia

Apakah anda ingin mengetahui daftar hewan paling cerdas di dunia? Hewan juga memiliki sistem saraf yang kompleks dan memiliki kemampuan untuk mengikuti naluri mereka serta belajar dari kesalahan mereka. Artikel dunia hewan berikut akan mencakup beberapa informasi tentang daftar hewan paling cerdas.

Banyak cerita mengenai hewan yang cerdas di dunia ini.Kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa hewan memang makhluk yang cerdas dan memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal sederhana yang membutuhkan proses berpikir.

Tingkat kecerdasan hewan

hewan paling cerdas

hewan paling cerdas

Para ilmuwan perlu melakukan penelitian terhadap spesies-spesies hewan untuk mengetahui jawabannya. Mereka mempelajari hewan dan menemukan jawaban tentang bagaimana tingkat kecerdasan hewan. Menurut studi, mereka telah membagi klasifikasi hewan cerdas berdasarkan pada 3 kategori yaitu ditilik dari sudut emosi, pengenalan diri, dan bahasa.

Mereka menemukan bahwa simpanse dapat bereaksi terhadap emosi dan bereaksi dengan cara yang benar. Simpanse berbagi sekitar 98% dari gen manusia, sehingga mereka terikat untuk dapat menampilkan emosi. Para peneliti melakukan banyak penelitian dan akhirnya menyimpulkan bahwa simpanse kemungkinan memahami emosi orang lain. Ini yang membuat mereka menjadi salah satu hewan yang cerdas di planet ini.

Pengenalan diri tidaklah dapat dimiliki oleh semua hewan dengan baik. Anda mungkin pernah melihat seekor burung pipit mematuki bayangannya sendiri di depan cermin selama berjam-jam. Tes melalui cermin ini dikembangkan oleh Gordon Gallup Jr pada tahun 1970, yang menunjukkan bahwa banyak hewan telah lulus ujian dalam mengenali dirinya. Hewan-hewan yang lulus tes adalah simpanse, orangutan, gorila, lumba-lumba, paus pembunuh, gajah, dan babi. Lumba-lumba menjadi binatang pertama selain primata yang mampu mengenali diri mereka sendiri.

Bahasa adalah unsur lain dari kecerdasan. Semua hewan dapat berbicara, tetapi kemampuan untuk mengkomunikasikan pikiran adalah faktor penting. Para peneliti menemukan bahwa anjing padang rumput dapat berkomunikasi dengan anggota lain dari komunitas mereka. Mereka bahkan memiliki kata sifat dan kata kerja dalam bahasa mereka yang kompleks. Bukti ini sudah cukup untuk memahami bahwa ada beberapa hewan yang cerdas di planet ini. Mari kita sekarang melihat beberapa hewan yang masuk dalam daftar hewan paling cerdas.

Beberapa daftar hewan paling cerdas

Babi
Percaya atau tidak, babi lebih cerdas daripada anjing. Meski binatang yang kotor, babi merupakan hewan paling cerdas di planet ini. Mereka bisa memindahkan kursor pada layar video dengan moncong mereka dan bahkan juga mempunyai memori yang kuat.

Gagak
Gagak dianggap burung cerdas dari semua burung. Burung gagak mempunyai tingkat kecerdasan atau IQ yang tinggi diantara para burung. Gagak bisa menghitung dan membedakan antara bentuk yang kompleks. Gagak melemparkan kerang, kacang-kacangan, kerang ke jalanan kemudian menunggu mobil yang lewat agar menginjaknya. Hal ini akan membantu memecahkan cangkang dan kulit yang keras dan gagak dapat menikmati makanan.

Tikus putih
Tikus memang termasuk binatang paling menjijikkan di planet ini, tetapi mereka adalah salah satu hewan yang cerdas juga. Psikologi tikus mirip dengan manusia dan oleh karena itu tikus juga digunakan dalam percobaan laboratorium. Tikus memiliki kemampuan mental yang disebut metakognisi, yang terlihat hanya pada manusia dan beberapa primata. Mereka dapat menggunakan penciuman mereka dan mendengar untuk mendeteksi bahaya. Mereka bahkan dapat mengidentifikasi dahak manusia yang mengandung bakteri tuberkulosis. Tikus memang hewan yang cerdas dalam kategori emosi, karena dapat menunjukkan tanda-tanda kegembiraan, kehilangan, stres, dan bahkan penyesalan.

Kakaktua Afrika abu-abu
Jenis kakaktua ini adalah penduduk asli hutan hujan di Afrika Barat dan Tengah. Kakaktua jenis ini termasuk jenis burung beo yang pintar menirukan suara, akan tetapi kakaktua Afrika ini bisa melakukannya dengan lebih baik lagi. Mereka dapat mengasosiasikan kata-kata dan artinya untuk membentuk kalimat. Mereka dapat berkomunikasi melalui panggilan dan bahasa tubuh.

Gajah
Gajah adalah mamalia terbesar di darat. Gajah selalu dikenal karena kebijaksanaan mereka dalam cerita. Mereka bisa kembali ke daerah asal mereka setelah tidak pulang selama bertahun-tahun. Gajah adalah salah satu dari beberapa hewan yang lulus tes cermin dan dapat mengidentifikasi diri mereka sebagai individu yang mandiri. Mereka bahkan bisa melukis, menciptakan musik, dan menunjukkan emosi yang berkaitan dengan kesedihan dan rasa kehilangan.

Gurita
Dr Octopus, gurita yang pintar. Semua spesies dari keluarga Cephalopoda seperti gurita dan cumi-cumi memiliki kecerdasan yang luar biasa. Gurita dianggap sebagai hewan paling cerdas dalam kelompok invertebrata. Mereka menunjukkan kemampuan belajar yang besar. Mereka bahkan dapat melakukan pemecahan masalah. Gurita juga memiliki penglihatan yang sangat baik.

Lumba-lumba
Lumba-lumba memiliki otak yang besar dan korteks serebral serta lobus frontalis sekitar 40% lebih besar dari manusia. Ini tentunya adalah bukti yang membuat lumba-lumba termasuk dalam daftar hewan paling cerdas. Lumba-lumba memiliki kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, belajar dari pengalaman sebelumnya.

Merpati
Merpati memiliki kemampuan intelektual yang tinggi dan dapat mengenali gambar setelah bertahun-tahun. Mereka dapat mengidentifikasi diri mereka di cermin dan membedakan antara dua benda.

Tupai
Tupai suka mengunyah dan memiliki sifat keras kepala serta memori yang sempurna. Mereka sangat pintar dan akan melakukan semua trik untuk dapat menggigit. Mereka beradaptasi dengan baik untuk hidup berdampingan dengan manusia dan suka menyimpan makanan.

Di atas hanyalah beberapa sebagian kecil daftar hewan paling cerdas di dunia, masih benyak hewan cerdas lainnya. Hewan juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup dan dorongan untuk hidup. Sayangnya, sifat egois manusia telah menyebabkan kepunahan pada banyak tanaman dan hewan. Deforestasi berlebihan, pertambangan, perburuan, memancing, dsb telah menyebabkan hilangnya hewan paling cerdas dalam dunia hewan.

 
  Incoming Keywords: tikus hewan pintar, hewan peliharan yang pintar dan bisa nurut, hewan peliharaan yang pintar, hewan peliharaan paling cerdas, hewan paling pintar di dunia, hewan hewan pintar, daftar hewan denga tingkat kecerdasan, Binatangcerdas, Binatang yang paling pintar, binatang paling cerdas

,

Comments are closed.