Hewan Terbesar di Dunia

Pernah mencoba untuk mencari tahu hewan apakah yang merupakan hewan terbesar di dunia? Apakah itu dinosaurus atau ikan paus biru? Artikel dunia hewan ini akan memberikan jawaban atas pertanyaan anda mengenai hewan terbesar di dunia.

Hewan terbesar selalu menarik untuk dibahas dalam kategori organisme dengan ukuran jumbo. Di balik perbedaan-perbedaan ukuran yang mendalam, ada strategi adaptasi tersembunyi. Misalnya, hewan kecil memiliki keuntungan untuk lebih leluasa dalam bersembunyi dan melarikan diri dari calon predator mereka, sedangkan hewan yang lebih besar menakut-nakuti mangsanya dengan ukuran besar mereka. Informasi lebih lanjut tentang hewan terbesar dunia akan hadir dalam paragraf berikut.

Hewan terbesar di dunia

Tak perlu dikatakan lagi bahwa hewan adalah organisme hidup yang memiliki kemampuan untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Karakter lain dari hewan adalah sifat heterotrofik yang berarti tergantung pada orang lain untuk makanan mereka. Mereka diklasifikasikan ke dalam kelompok yang berbeda, mulai dari serangga, burung, reptil, amfibi, dan mamalia. Anda dapat menemukan spesies terbesar dalam masing-masing kelompok.

Paus biru atau balaenoptera musculus diketahui sebagai hewan terbesar yang hidup di dunia. Terlepas dari habitatnya di laut, paus biru merupakan binatang mamalia. Bentuknya memanjang dari kepala sampai ke ekor, seekor paus biru dewasa dapat mencapai panjang ukuran sampai 30,5 meter dan berat sekitar 150 ton. Berat ikan paus biru ini setara dengan berat sekitar 1500 manusia atau 24 ekor gajah. Dapat dikatakan bahwa lebih dari 50 orang dapat berdiri di atas lidah paus biru. Selain ukurannya yang super jumbo, paus biru juga merupakan hewan dengan suara paling keras di dunia.

Sedangkan untuk hewan darat terbesar di dunia adalah gajah semak dari Afrika yang dikenal dengan nama ilmiah loxodonta africana. Gajah jantan dewasa dapat tumbuh mencapai tinggi sampai sekitar 13 meter dan panjangnya mencapai 6 meter. Gajah afrika ini juga merupakan hewan darat tertinggi kedua. Berat dari gajah Afrika dewasa dapat mencapai sekitar 7-8 ton, yang artinya sama dengan berat 165 pria dewasa. Bila dibandingkan dengan paus biru, ukuran gajah ini lebih kecil dibandingkan dengan ukuran bayi ikan paus biru.

>>  Fakta Hewan yang Menarik Perhatian

Berbicara lebih lanjut tentang hewan terbesar dunia, hiu paus adalah spesies ikan terbesar dengan panjang mencapai 13,6 meter dan berat 24 ton. Reptil terbesar adalah buaya air payau dengan panjang mencapai 5 meter dan berat 2,1 ton, sedangkan burung unta adalah burung terbesar dengan tinggi mencapai 2,1 meter dan berat 156 kilogram. Amfibi terbesar yaitu salamander dengan panjang 1,83 meter dan berat 64 kilogram. Dan yang terakhir adalah hewan karnivora terbesar di dunia yaitu beruang kutub dengan tinggi 3 meter dan berat mencapai 1 ton.

Kebanyakan orang masih bertanya-tanya tentang dinosaurus dalam hal ukuran. Dinosaurus adalah hewan darat terbesar dan beratnya sekitar 90 ton, lebih dari setengah dari berat ikan paus biru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa paus biru merupakan hewan terbesar di dunia. Dengan meningkatnya perburuan, jumlah ikan paus biru semakin menurun dan termasuk dalam daftar hewan yang terancam punah.

 
  Incoming Keywords: hewan terbesar di dunia, perbandingan paus biru dengan mamalia terbesar

,

Comments are closed.