Infeksi Perut oleh Bakteri

Infeksi perut dapat disebabkan oleh bakteri, virus atau patogen lainnya. Artikel ini memberikan informasi mendalam tentang gejala, penyebab dan pengobatan infeksi perut oleh bakteri.

Infeksi pada perut atau usus disebut dengan gastroenteritis. Meskipun infeksi gastrointestinal ini lebih sering disebabkan oleh virus, infeksi tersebut juga dapat disebabkan karena bakteri. Bakteri tersebut menginfeksi lapisan lambung atau usus.  Terkadang, jenis bakteri seperti staphylococcus aureus menghasilkan racun yang menyebabkan gejala seperti diare, mual, dan muntah. Infeksi pada lambung juga disebabkan melalui air yang terkontaminasi dan makanan yang belum dimasak dengan baik.

Penyebab infeksi perut

Gastroenteritis adalah salah satu penyebab utama infeksi perut dan seringkali disebabkan karena bakteri. Infeksi helicobacter pylori dapat menyebabkan tukak lambung, gastritis, bahkan kanker perut. Gastroenteritis menyebabkan radang lambung serta usus. Gastroenteritis oleh bakteri terjadi ketika mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi oleh bakteri.

Gejala infeksi perut

Ada banyak gejala dari infeksi ini, salah satu yang paling umum dan menonjol adalah diare. Sedangkan gejala lainnya adalah:

Kram perut, muntah, mual, nyeri perut, darah atau lendir dalam tinja, perut kembung, kehilangan nafsu makan, dan demam ringan.

Penting untuk dicatat bahwa diare dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi. Gejala biasanya berlangsung selama tiga sampai lima hari. Namun, jika kondisi tersebut terus berlangsung, maka yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

Mengobati infeksi perut

Sebagian besar gejala infeksi lambung biasanya dapat selesai dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, terkadang gejala dapat bertahan selama lebih dari beberapa hari. Kekhawatiran terbesar dari infeksi perut adalah akibat dari diare dan muntah, yang dapat menyebabkan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Pengobatan untuk infeksi bakteri perut meliputi di bawah ini;

  1. Minum banyak cairan untuk menjaga tubuh terhidrasi.
  2. Dokter biasanya meresepkan cairan rehidrasi oral untuk menggantikan cairan yang hilang.
  3. Untuk dehidrasi berat akibat gastroenteritis, penggantian cairan intravena diperlukan.
  4. Untuk infeksi perut yang parah dan disebabkan oleh bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Antibiotik yang biasanya diresepkan termasuk ciprofloxacin, ceftriaxone dan cefixime.
  5. Obat untuk mengobati mual, muntah, dan diare juga diresepkan untuk menjaga munculnya gejala lagi.

Tips

Selain perawatan yang diberikan oleh dokter, beberapa langkah-langkah perawatan akan membantu dalam pemulihan dari infeksi perut.

  1. Mengkonsumsi larutan elektrolit untuk menggantikan cairan yang hilang karena diare.
  2. Cara terbaik adalah untuk menghindari makanan padat dan mengkonsumsi makanan yang mengandung cairan.
  3. Hindari makan makanan yang pedas, kaya lemak dan gula, karena hal ini dapat memperparah diare.
  4. Menghindari minum susu dan produk susu lainnya.
  5. Menghindari mengkonsumsi kopi, teh, dan minuman bersoda karena akan memperburuk kondisi.

Ada hal-hal tertentu yang harus anda ingat untuk mencegah infeksi perut karena bakteri.

  1. Selalu pastikan bahwa anda mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan kamar kecil.
  2. Hindari makan makanan mentah.
  3. Hindari daging yang kurang matang, makanan laut, dan unggas. Daging harus dimasak dengan baik sehingga tidak ada bahaya infeksi setelah dikonsumsi.
  4. Selalu mencuci daging, unggas, atau ikan dengan sebelum dimasak.

Untuk menghindari timbulnya komplikasi, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter yang akan memandu anda dengan pengobatan dan obat-obatan yang diperlukan. Infeksi perut dapat dihindari jika seseorang mengambil tindakan pencegahan yang tepat seperti minum air bersih, makan makanan yang higienis, dan menjaga kebersihan.

 
  Incoming Keywords: apa yg menyebabkan infeksi pencernaan, infeksi dalam perut, makanan infeksi perut, obat bakteri di perut, obat herbal infeksi lambung diare, Pembunuh bakteri dlam perut, penyakit bakteri di perut, vitamin untuk pasca pengobatan infeksi usus pada anak2

, , , ,

Comments are closed.